Jumat, 24 Januari 2020 |
Pendidikan & Teknologi

258 PAUD di Kota Jambi Bakal Mendapat Kucuran DAK

Selasa, 23 Agustus 2016 17:33:59 wib
Wako Jambi H Sy Fasha foto bersama anak-anak PAUD di Balaikota Jambi

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Sebanyak 258 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bakal mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) 2016.

"Untuk pembinaan PAUD, Kota Jambi mendapat kucuran DAK senilai Rp 4,45 milyar,"ungkap Direktur Pembinaan PAUD Kementrian Pendidikan, Ella Yulaewati, baru ini, saat Sosilaisasi Penyelenggaraan Wajib PAUD 1 Tahun Pra SD di Ruan Pola Balaikota Jambi.

Kementrian Pendidikan sudah menentukan bahwa anak harus wajib mengikuti  PAUD satu tahun pra sekolah. Dengan dana yang diberikan, PAUD Kota Jambi  di Kota Jambi bisa berjalan sesuai dengan peraturan pemerintah.

"Saat ini peraturan pemerintah mewajibkan akan mengikuti paud 1 tahun pra sekolah. Masuk dalam program wajib belajar. Kita akan fokus pada program PAUD berkualitas Kota Jambi,"jelasnya.

Dia berharap, upaya ini akan mendukung keberhasilan wajib belajar 12 tahun yang sudah di canangkan oleh pemerintah.

Mengapa wajib? Menurutnya, perkembangan otak anak usia 5 tahun tersebut mampu menyerap informasi dengan sangat baik dan tinggi.

"Stimulasi untuk perkembangan otak anak sangat baik diberikan saat usia 5 tahun sehingga sangat baik jika ikut pendidikan anak usia dini,"tuturnya.

Melalui dana bantuan tersebut juga, Dia mengharapkan pada 2017 mendatang, di Kota Jambi ada perpustakaan mainan, sesuai kebutuhan anak-anak usia dini.  Bermain sambil belajar.

"Berdasarkan penelitian, dengan kasih sayang yang diberikan, dapat merangsang 10 triliun sel otak anak. Sedangkan hanya dengan dan satu kali bentakan dapat  merusak 1 milyar sel otak anak. Untuk itulah anak usia 0 hingga 3 tahun, konsep pendidikan atau stimulasi yang diberikan adalah dengan kasih sayang,"pungkas wanita berkacamata ini.

Sementara itu, Walikota Jambi SY Fasha, mengatakan, bantuan dari DAK sebesar 4,45 Milyar untuk PAUD, diharapkan mampu memberikan pendidikan yang berkualitas untuk anak didik usia dini.

Saat ini menurutnya, di kota Jambi ada sekitar 300-an PAUD, baik formal maupun non formal. sedangkan bantuan hanya akan diberikan ke sekitar 258 PAUD.

"Jadi tidak semua PAUD dapat bantuan ini," ujarnya.

Untuk itu nanti akan ada verifikasi terlebih dahulu. Jumlah paud yang siswanya sedikit akan di merger atau digabungkan.

"PAUD yang jumlah siswanya sedikit akan kita marger. Kita juga akan verifikasi PAUD yang lainnya.  Agar dana bantuan bisa digunakan dengan baik,"papar H Sy Fasha.(MCH)


Editor    : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top