Rabu, 23 Oktober 2019 |
Politik

45 Desa di Kabupaten Tanjabbar Bakal Gelar Pilkades Serentak

Senin, 22 Februari 2016 10:09:12 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY POLITIK-Sebanyak 45 desa se Kabupaten Tanjabbar bakal mengikuti Pilkades serentak 2016 yang diperkirakan pada awal Juni mendatang.

"Pilkades rencana jadwal pelaksanaannya masih dirapatkan.  Namun diusahakan dilaksanakan pada akhir mei  atau awal bulan juni 2016 nanti,"papar  Kepala Bagian Pemerintah Desa Setda Tanjabbar Agoes, baru ini, kepada sejumlah awak media.

Berbagai hal telah dipersiapkan oleh Pemda Tanjabbar, termasuk penetapan Perda Pelaksanaan pilkades ini.

"Perdanya sudah ada, sedang untuk Perbup masih dalam proses,"sebutnya.

Dikatakannya dari 114 desa di Tanjabbar, ada sekitar 45 desa yang nantinya akan melaksanakan Pilkades serentak ini. Dengan anggaran yang mencapai 1,2 Miliar termasuk honor tim.

"Untuk anggaran pelaksanaan, dialokasikan 25 juta perdesa untuk 45 desa yang nantinya akan melaksanakan pilkades serentak ini," jelasnya.

Hanya saja, alokasi terebut akan digunakan sesuai dengan porsi desa masing-masing.

"Bukan berarti semua harus habis, tapi dihitung sesuai dengan jumlah kandidat dan warga desa," paparnya.

Menurut Agoes, dari 45 desa yang akan melaksanakan Pilkades ini. Memang ada beberapa desa yang masa jabatannya belum belum habis. Untuk desa yang jabatan kepala desanya belum habis, akan ditunjuk Pejabat sementara (Pjs), karena masa jabatan kepala desa beragam dan tidak serentak habis pada saat dilaksanakan pilkades serentak semester pertama ini.

"Sisanya dari 114 desa ini akan digelar pilkades serentak pada semester 2 tahun 2017 nanti," jelasnya.

Sedangkan untuk persyaratan pencalonan kepala desa, dikatakannya bahwa siapa saja  mempunyai hak yang sama asalkan sesuai dengan yang diatur dalam undang - undang.

" Persyaratannya kita mengacu pada Undang - Undang No 6 tahun 2014 tentang pemerintahan desa,"pungkasnya.(jambidaily/RZA)

KOMENTAR DISQUS :

Top