Senin, 30 Maret 2020 |
Kesehatan & Olahraga

7 Gejala Serangan Jantung Pada Pria

Selasa, 18 Februari 2020 16:17:48 wib
Ilustrasi: Suami Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair meninggal dunia karena serangan jantung. Berikut gejala serangan jantung pada pria yang kerap tak dirasakan.(Istockphoto/stevanovicigor)

JAMBIDAILY KESEHATAN - Suami Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair meninggal dunia karena serangan jantung. Dia meninggal di usia 40 tahun.

Tak dimungkiri penyakit jantung memang termasuk silent killer alias bisa terjadi kapan saja, di mana saja, dan pada siapa saja. Sampai saat ini penyakit kardiovaskular ini adalah salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia, termasuk di Indonesia.

Serangan jantung bisa terjadi ketika aliran darah yang membawa oksigen tiba-tiba tersumbat. Biasanya yang menutup jalan aliran darah adalah timbunan lemak, kolesterol, dan substansi lain yang mengeras di pembuluh arteri.

Kadang-kadang plak terpecah dan menjadi serpihan sehingga bisa mengganggu aliran darah atau merusak bagian otot jantung. Meski sering terjadi tiba-tiba, serangan jantung sebenarnya memiliki gejala awal yang dianggap sepele.

Studi dari American Heart Association menyatakan perempuan lebih mungkin mengalami serangan jantung dengan gejala seperti sesak napas, mual dan muntah, serta sakit punggung, dan rahang.

Hanya saja, gejala serangan jantung pada laki-laki dan perempuan berbeda.

Ada beberapa tanda awal serangan jantung pada pria. Mengutip berbagai sumber, berikut gejala-gejala serangan jantung.

1. Nyeri dada
Ini adalah tanda paling umum yang dikeluhkan orang-orang saat mengalami serangan jantung. Sensasi rasa tak nyaman pada area dada bisa bervariasi pada masing-masing orang. Biasanya rasa tak nyaman bisa berlangsung dalam hitungan menit saat istirahat atau saat melakukan pekerjaan yang berat.

Faktanya tak semua nyeri dada terkait dengan gangguan pada jantung.

Selain jantung, beberapa gangguan kesehatan lain juga ditandai oleh nyeri dada. Sebut saja gastroesophageal reflux disease (GERD) atau asam lambung yang punya gejala mirip dengan serangan jantung.

2. Cepat lelah
Cepat lelah bukan hanya soal aktivitas berat yang dilakukan ataupun usia. Jika Anda merasa cepat lelah tanpa alasan jelas, ini patut diwaspadai.

3. Sakit sampai ke lengan
Rasa sakit pada dada sebelah kiri bisa menjalar ke area tubuh sebelah kiri. Gejala serangan jantung pun bisa ditandai dengan rasa sakit pada lengan.

"Ini nyaris selalu dimulai dari dada kemudian menyebar ke luar. Saya punya pasien yang merasakan sakit terutama pada bagian lengan, ternyata itu serangan jantung," ujar direktur Cardiac Catheterization Laboratory, Penn State Hershey Heart and Vascular Institute, Pennsylvania, Amerika Serikat, Charles Chambers.

4. Sesak napas
Nyeri dada yang dialami saat serangan jantung biasanya diikuti dengan sesak napas. Rasa sakit ini ditandai dengan nyeri saat menarik napas.

Sesak napas yang muncul akibat serangan jantung ini merupakan kondisi yang berbahaya dan bisa mengancam nyawa.

5. Berkeringat
Ketika seseorang menderita penyakit jantung, kemampuan jantung untuk menjaga suplai darah akan berkurang. Mengutip Alodokter, hal ini akan membuat jantung bekerja lebih kuat dan mengaktifkan sistem saraf tertentu yang memicu keringat berlebih.

6. Mendadak pusing dan pingsan
Pusing bisa menjadi gejala awal serangan jantung pada pria. Hal ini mungkin terjadi karena aliran darah ke otak berkurang ketika katup jantung menyempit.

7. Gangguan pencernaan
Adanya masalah gangguan pencernaan juga bisa berakibat fatal pada kesehatan. Salah satunya adalah memicu risiko penyakit jantung, serangan jantung dadakan, dan juga stroke. (chs)/cnnindonesia.com

KOMENTAR DISQUS :

Top