Selasa, 12 November 2019 |
Pendidikan & Teknologi

70 Pelajar SD Ikuti Kegiatan Pramuka Bersama

Minggu, 20 Desember 2015 18:58:12 wib
jambidaily.com foto bersama sandy dan teman-temanya disela-sela kegiatan

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-70 orang pelajar dari berbagai Sekolah Dasar (SD) mengikuti kegiatan Pramuka Bersama di di SD No 108/1 Desa Pulau, Kecamatan Muara Tembesi.

"Ada enam SD yang mengikuti kegiatan ini, terdiri dari SD No 58/1 Rambutan Masam, SD No 105 Tanjung Pasir, SD No 119 Rengas IX, SD No 108 Pulau,   SD 07 Sei Pulai dan SD Sei Rumbe,"papar salah seorang guru utusan SD 58/1 Rambutan Masam, Syafawi, kepada wartawan, Minggu (20/12).

Menurutnya, kegiatan ini, rutin diadakan setiap ahir tahun pada semester 1  untuk Tingkat Gugus KKG Pancasila di wilayah Kecamatan Muara Tembesi yang hanya diikuti pelajar kelas VI dan didampingi masing-masing guru utusan sekolah.

Dalam kegiatan ini, para pelajar diberi pelatihan dan pelajaran yang berkaitan dengan Pramuka, yang dilatih oleh kakak-kakak pembina dari berbagai sekolah tingkat SLTP dan SLTA.

"Selama tiga hari anak-anak berkemah disekitar lokasi SD No 108 Desa Pulau, sejak sore Jum'at (18/15) hingga Minggu (20/12). Dan banyak hal mereka (red-anak-anak) peroleh dari kegiatan tersebut."

Selain melatih anak-anak untuk belajar mandiri, juga memperkuat persaudaraan para pelajar karena saling kenal satu sama lainnya, dari masing-masing sekolah.

"Banyak sekali hal mereka petik dari kegiatan ini, selain ilmu pramuka yang diajarakan oleh kakak-kakak meraka, ini juga melatih anak-anak kita belajar mandiri, agar kelak setelah dewasa mereka jadi generasi yang tangguh,"tambah Syafawi.

Dia berharap, melalui kegiatan ini juga nantinya, akan membawa nama baik serta mengahrumkan sekolah mereka, dari tinggkat kecamatan bahkan sampai pada tingkat nasional.

Sementara itu, salah satu peserta, Sandy Maulana Putra yang mnerupakan anak didik utusan SD 58/1 Rambutan Masam menyebutkan, Dia bersama teman-teman lainnya akan terus belajar dan mengapai cita-cita.

Dan selama mengikuti kegiatan Pramuka ini dia dan teman-teman selama tiga jauh dari orang tua, ini membuat dirinta dan teman-teman belajar hidup tanpa orang tua, serta saling kenal.

"Sayo senang nian ikuti kegiatan iko, selain kito biso mandiri, kito jugo banyak dapat kawan dari sekolah lain,"ungkap Sandy yang mendapat rangking tingkat pertama untuk semester ini di sekolahnya.(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top