Jumat, 24 Januari 2020 |
Nasional

9 Ribu Polisi Amankan Final Piala Presiden

Kamis, 15 Oktober 2015 22:38:35 wib
Apel polisi di Jakarta Pusat, Jumat (10/08/2012) (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

JAMBIDAILY NASIONAL-Kepastian Final Piala Presiden sudah ditentukan, Stadion Utama Gelora Bung Karno dipastikan menjadi tempat berlangsungnya partai antara Persib Bandung melawan Sriwijaya FC pada Minggu 18 Oktober 2015.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Mohammad Iqbal mengatakan, sebanyak 9 ribu personiel akan disiapkan untuk mengamankan jalannya pertandingan tersebut.

"Pada pengamanan Piala Presiden minggu besok, sudah dipastikan akan digelar di GBK, Polda Metro Jaya siap mengamankan laga ini, kita mengeluarkan hampir 9 ribu personel untuk melakukan pengamanan langsung di lokasi baik bersifat pengawalan suporter, penjagaan di lokasi rawan, pengawalan official, pelatih dan tim sendiri," kata Iqbal kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis 15 Oktober 2015.

Persiapan pengamanan tersebut, kata Iqbal, sudah dilakukan tahapan-tahapan persiapan dengan wujud rapat koordinasi.

"Kami sudah tiga kali menggelar rapat koordinasi, terakhir Rabu kemarin, kita sudah melaksanakan rapat koordinasi terpadu dengan para stakeholders termasuk juga pihak suporter kita undang, gunanya demi lancarnya laga, agar keamanan tetap terjaga intinya, pada dasarnya Polda Metro Jaya siap mengamankan laga ini," ujar Iqbal.

Dengan adanya pertandingan ini, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian memberlakukan siaga satu bagi Polda Metro Jaya.

"Kalau siaga satu kita tergelar 30 ribu personil yang akan siap melayani dan mengamankan laga ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.

Untuk daerah rawan kerusuhan, lanjut Iqbal, Polda Metro sudah melakukan pemetaan atau mapping.

"Kita sudah mapping itu, Kapolda sudah perintahkan ke Kapolres dan Kapolsek menyampaikan jajaran di bawahnya, kita sudah mapping wilayah rawan seperti Tol Simatupang, ada beberapa jembatan yang dikemungkinan rawan pelemparan dan kita akan jaga. Baik jelang pertandingan dan selesai pertandingan. Kami mohon kerjasamanya agar laga hiburan dan kebanggaan bangsa kita berjalan dengan baik," kata Iqbal.(Viva.co.id)

KOMENTAR DISQUS :

Top