Minggu, 25 Agustus 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Agar Puasa Lancar, Penderita Maag Hindari Makanan Berikut Ini

Minggu, 19 Mei 2019 07:29:29 wib
Salah Memilih Menu Sahur Selama Puasa Ramadan Berbahaya untuk Tubuh (Ilustrasi/iStockphoto)

JAMBIDAILY RAMADHAN, Pendidikan - Penderita maag banyak yang takut pencernaannya terganggu saat puasa. Padahal, sebenarnya puasa sendiri sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Awalnya, mungkin perut harus beradaptasi terlebih dahulu, tapi setelah beberapa hari tentu puasa akan terasa lebih mudah karena tubuh sudah menyesuaikan.

Agar penderita maag lebih lancar dalam berpuasa, ternyata makanan dan minuman yang dikonsumsi harus dijaga. Usahakan untuk memilih makanan dan minuman yang tidak berpotensi menaikkan asam lambung. Berikut adalah makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat berpuasa bagi penderita maag.

  • Yang pertama adalah makanan dan minuman yang banyak mengandung gas atau bersoda.
  • Makanan berserat baik, tapi terlalu banyak serat juga kurang baik untuk pencernaan. Sebaiknya hindari makanan seperti sawi, kol, nangka dan pisang ambon.
  • Hindari minuman yang merangsang asam lambung seperti kopi, sari buah jeruk atau sitrus dan susu full cream.
  • Makanan yang sulit dicerna yang bisa memperlambat pengosongan lambung. Makanan ini adalah yang berlemak seperti coklat, keju, tart.
  • Makanan pedas juga akan langsung merusak dinding lambung.

Nah, agar puasa lancar sebaiknya menghindari makanan-makanan tersebut dan memperbanyak makanan dan minuman yang bergizi ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

(fimela.com)

KOMENTAR DISQUS :

Top