Senin, 14 Oktober 2019 |
Ekonomi

Angka Kemiskinan di Tanjabtim Turun 12.58 Persen

Rabu, 21 Februari 2018 16:00:25 wib

JAMBIDAILY MUARASABAK - Angka kemiskinan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), kembali turun.Jika pada tahun 2017 angka kemiskinan di Tanjabtim berada diangka 12.76 persen, tahun ini sudah berada diangka 12.58 persen artinya angka kemiskinan mengalami penurunan sekitar 0.18 persen.

Meskipun angka penurunannya tidak sigfikan, tapi angka kemiskinan mengalami tren yang positif. Terlebih lagi penurunan angka kemiskinan ini terjadi sejak 2 tahun terakhir. 

"Trennya memang menurun sejak 2 tahun terakhir. Tahun ini angkanya ada 27.220 jiwa warga miskin atau 12.58 persen. Tahun lalu 12.76 persen,"kata Daru Atmojo Kasi Statistik, BPS Tanjabtim kemarin.

Sementara itu, Pemda Tanjabtim menargetkan angka kemiskinan di Tanjabtim, berada diangka 9 persen pada tahun 2021 mendatang. Untuk mengejar itu, semua program yang ada disetiap OPD diarahkan untuk menyasar warga miskin yang ada di Tanjabtim. Bahkan, CSR semua perusahaan juga diminta untuk mengentaskan kemiskinan.

"Melihat angka ini artinya kinerja pembangunan sudah tepat sasaran, dalam artian pembangunan sudah berhasil,"ujar Kepala Bapedda Tanjabtim Ali Fakhruddin.

Sedangkan terkait dengan penyebab kemiskinan sendiri menurutnya banyak faktor. Salah satunya dari segi ekonomi,dan dari segi pembangunan infrastruktur. 

"Kalau untuk faktor kemiskinan banyak, tugas pemerintah bagaimana mengentaskan kemiskinan di Tanjabtim,"terangnya.

Lebih lanjut dijelaskannya,kebanyakan warga miskin yang ada di Kabupaten Tanjabtim berada di wilayah pesisir. Bukan berarti warga pesisir ini tidak tersentuh oleh pembangunan pemerintah. 

"Dengan menurunnya angka kemiskinan artinya saat ini untuk wilayah pesisir sudah tersentuh. Tetapi masih belum keseluruhan. Dan target kita pada 2021 angka kemiskinan berada di 9 persen,"tandasnya.(*)

Penulis: Hendri R
Editor: Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top