Selasa, 24 September 2019 |
Suaro Wargo

Anis Fitriyani: Pentingnya Peran Orang Tua dalam Membentuk Moral Anak !!

Minggu, 24 Juni 2018 15:40:48 wib

JAMBIDAILY SUARO WARGO - Moral merupakan pengetahuan yang menyangkut budi pekerti manusia yang beradab. Moral juga berarti ajaran yang baik dan buruk perbuatan dan kelakuan (akhlak). Masalah moral merupakan salah satu aspek penting yang perlu ditumbuh kembangkan dalam diri anak. Berhasil tidaknya penanaman nilai moral pada masa kanak-kanak akan sangat menentukan baik buruknya perilaku moral seseorang pada masa selanjutnya.

Seorang anak secara naluriah akan menirukan perbuatan yang dilakukan oleh kedua orang tuanya, saudara dekat serta kerabat yang terdekat. Realitas yang demikian itu perlu mendapat perhatian tersendiri, karena membentuk moral anak sangat ditentukan oleh kondisi dan situasi yang terdapat dalam keluarganya. Hal ini berkaitan dengan kedudukan keluarga sebagai lingkungan yang pertama dan utama bagi anak. 
Keluarga merupakan unit sosial terkecil yang memberikan pondasi primer bagi perkembangan anak, maka pola asuh orang tua diterapkan pada anak akan sangat berpengaruh pada pembentukan moralitasnya. Bila pola asuh yang diterapkan pada anak baik maka akan membentuk kepribadian anak baik pula. Sedangkan bila orang tua salah dalam menerapkan pola asuh akan berdampak buruk pada perkembangan moral anak.

Berikut dampak buruk dari pola asuh orang tua yang salah :

Kurangnya Rasa Saling Menghargai
Zaman sekarang banyak diantara siswa-siswi disekolah sudah tidak memiliki rasa segan dan hormat kepada guru-guru disekolah, bahkan terhadap orangtua pun mereka berbuat hal yang sama.

Pem-bully
Rata-rata anak bersikap sebagai pem-bully ini mendapatkan perilaku yang kurang baik dari keluarganya, terutama orang tua. Seperti kekerasan terhadap anak mampu menumbuhkan rasa dendam, tidak terima diperlakukan seperti itu, Sehingga anak bisa berbuat hal yang tidak diinginkan dengan melampiaskan kepada teman-temannya dengan cara membully.

Pergaulan Bebas
Kurangnya perhatian yang diberikan orang tua membuat anak bisa salah dalam memilih teman sepergaulan-nya, akibatnya anak terjerumus ke hal-hal negatif yang merusak dirinya.

Kriminalitas
Pola asuh orang tua yang salah dalam membentuk moral anak dapat membuat anak memiliki sifat kriminal. Seperti anak yang menggunakan obat-obatan terlarang. Dikarenakan harga “barang” tersebut mahal dan uang saku tidak mencukupi, maka anak tersebut akan melakukan segala cara untuk mendapatkan apa yang ia mau. Segala cara, seperti mencuri uang, mengkorupsi uang SPP, merampok dan sebagainya.

Mental Terganggu
Psikologis tidak stabil menyebabkan anak tetap membanggakan pergaulan yang dijalani, padahal bertentangan dengan nilai dan norma. Karena kepribadian menyimpang ini, anak tidak memahami kesalahan tindakan yang dilakukan. Mental ini mendasari degradasi moral pada anak.

Penyalahgunaan Teknologi
Orang tua wajib mengawasi anak-anaknya dalam perkembangan teknologi ini. Dizaman ini anak kecil-pun sudah mengenal teknologi canggih seperti handphone, dengan pandainya mereka menggunakan handphone dimana saja, baik dirumah maupun disekolah. Dengan kemajuan teknologi ini, kita dapat mengakses apa saja yang kita tidak ketahui. Pentingnya orang tua dalam mengawasi anak dalam teknologi bertujuan agar anak tidak salah dalam menggunakannya, menjaga anak dari tindak kriminal online dan situs-situs yang tidak berpendidikan yang dapat merusak moral anak.

Orang tua wajib membentuk moralitas yang baik untuk anaknya. Agar kelak anak tersebut memiliki kepribadian yang baik, mengikuti norma-norma agama yang dianutnya serta mampu menjalin komunikasi yang baik dengan keluarga dan lingkungan-nya. Dalam membentuk moral anak, diperlukan perhatian, pengertian serta kasih sayang yang diberikan dari orang tua kepada anaknya, Agar anak tidak merasa dilantarkan dan tidak dipedulikan. Banyak orang tua zaman sekarang yang lebih mementingkan karir dibandingkan anaknya, mengakibatkan anak merasa kesepian, kurangnya kasih sayang dari orang tua membuat anak salah dalam melakukan sesuatu dan terjerumus kedalam hal-hal yang negatif yang dapat merusak moralitas anak. Itulah, sangat penting peran orang tua dalam membentuk moral anak, pedulilah dalam setiap perkembangan yang dialami anak jangan membiarkan anak merasa diacuhkan anak butuh kasih sayang yang lebih dari kedua orang tuanya, dan jangan libatkan kekerasan didalam keluarga karena akan berdampak dikemudian hari dengan psikologis anak yang pernah mengalami kekerasan atau bahkan melihat tindak kekerasan yang dilakukan kedua orang tuanya anak akan mengingat hal tersebut dan dapat membuat anak tersebut mengikuti tindak kekerasan yang dilakukan oleh orang tuanya.  

 

 

...
Ditulis Oleh
Nama: Anis Fitriyani
Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Prodi Tadris Matematika

 

 


*isi/sumber/referensi dari Artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis

KOMENTAR DISQUS :

Top