Rabu, 23 Oktober 2019 |
Politik

Antisipasi Gejolak Pada Jelang Pilbup dan Pilkades Serentak, Ini Langkah Pemkab Tebo

Kamis, 24 Maret 2016 09:08:45 wib
Kakan Kesbangpol Linmas Tebo, Drs Eriyanto (ft:jambidaily.com/ARD)

JAMBIDAILY POLITIK-Menjelang Pilbup pada Pilkada 2017 dan Pilkades Serentak pada April 2016 mendatang, tentunya akan berimbas pada eskalasi politik ditengah-tengah masyarakat yang perlu diantisipasi agar proses demokrasi berjalan dengan baik dan aman.

"Kita akan segera melaksanakan Rakor bersama pihak terkait pada akhir Maret ini,"papar Kepala Kesbangpolinmas Tebo Drs.Eriyanto, Rabu 23 Maret 2016 kepada jambidaily.com, di kantornya.

Kita akan berkoordinasi untuk mengambil langkah-langkah antisipasi dan monitoring, agar proses demokrasi berjalan lancar dan aman, bersama  Polres, Kejaksaan ,BPMPD ,KPUD, Bawaslu ,dan pihak terkait lainnya.

Dalam pelaksanaannya, Kesbangpolinmas Tebo, hanya melakukan monitoring dan pendeteksian dini menyangkut ada atau tidaknya gejolak yang bakal terjadi.

"Memasuki tahapan kampanye atau pada H-10, Personel Kesbangpol akan ditempatkan disejumlah titik tertentu "sebutnya.

Jika tidak ada perubahan, pelaksanaan Pilkades sekitar tanggal 30 April 2016.  Dan Pilbup pada Pilkada serentak pada 15 Februari 2017 mendatang.

Sementara itu, Kepala BPMPD melalui Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes), Ansori, mengatakan, bahwa saat ini pihaknya sedang menunggu laporan hasil dari panitia seleksi calon kepala desa (Cakades).  Sedangkan untuk persiapannya, masih harus melewati tahap pemantapan Cakades.

Dari 43 desa meliputi 12 kecamatan yang mengikuti seleksi Cakades, ada empat desa lebih dari lima calon.  Sesuai aturan apabila lebih dari lima calon maka mereka harus mengikuti tes atau ujian secara tertulis.

Ditambahkanya empat desa yang calonnya lebih dari lima orang tersebut antara lain desa sungai alai kecamatan tebo tengah, desa muaro kilis kecamatan tengah ilir, desa balai rajo kecamatan tujuh koto dan desa sungai abang kecamatan tujuh koto.

"Ujian tersebut akan dilakukan diaula kantor BPMPD.  Jika tempat tidak memadai maka akan dialihkan keaula utama kantor Bupati Tebo,"pungkas Ansori. (jambidaily.com/ARD)

KOMENTAR DISQUS :

Top