Senin, 21 Oktober 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Babinsa Koramil Muara Sabak, Komsos Tingkatkan Responsif Karhutla

Selasa, 24 September 2019 18:42:42 wib

JAMBIDAILY TANJABTIM - Menjalin Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat merupakan salah satu cara efektif untuk saling bertukar informasi. Seperti halnya komunikasi Babinsa dengan masyarakat ataupun para tokoh masyarakat yang ada di desa binaan.

Hal itulah yang dilakukan oleh Serda Andi Gunawan, Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak bersama Koptu Budi Istanto yang melaksanakan Komsos dengan sejumlah warga Dusun Sinar Wajo, RT. 03 Desa Sinar Wajo, Kec. Mendahara ulu, Kab. Tanjab Timur, Selasa(24/09/19).

Dalam kegiatan Komsos tersebut, Serda Andi Gunawan menyampaikan kepada warga yang dijumpai di lahan kebunnya agar lebih peduli dan peka dengan situasi yang ada di sekitar, terutama pada musim kemarau sekarang ini yang sangat rentan terjadi kebakaran lahan maupun kebakaran pemukiman penduduk.

"Dalam membuka lahan jangan sekali-kali kita melakukannya dengan cara dibakar, sebab hal ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kebakaran yang lebih luas lagi," kata Serda Andi Gunawan.

"Apabila ada warga atau tetangga yang membuka lahan dengan cara di bakar, segera diingatkan, sebab sekarang ini petugas hukum akan menindak tegas pelaku pembakaran lahan karena dampak kebakaran sudah meresahkan masyarakat banyak," sambungnya.

Selain itu, Serda Andi Gunawan juga mengharapkan peran serta masyarakat untuk ikut bersama-sama petugas pemadaman jika ada ditemukan kebakaran di wilayah.

"Apabila menemukan titik api ataupun kebakaran lahan segera laporkan kepada aparat/petugas pemadaman agar bisa dilakukan pemadaman sehingga api tidak membesar, karena jika api sudah membesar akan mempersulit proses pemadaman," ujar Serda Andi Gunawan.

"Dan sebagai warga masyarakat yang baik, hendaknya kita semua peduli terhadap apa yang terjadi dilingkungan sekitar kita, khususnya masalah Karhutla," pungkasnya. (Pendim Tanjab)

KOMENTAR DISQUS :

Top