Sabtu, 23 November 2019 |
Ekonomi

Banyak Koperasi di Batanghari "Mati Suri"

Kamis, 21 Januari 2016 22:16:30 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY EKONOMI-Banyak koperasi yang seharusnya menjadi soko guru perekonomian di Batanghari, kondisinya tidak berjalan sebagaimana mestinya (Mati suri-red).

"Secara umum, jumlah koperasi yang terdaftar 278 koperasi diantaranya ada 23 koperasi sekolah. Semua punya legalitas hukum.  Tapi hanya 142 koperasi, yang aktif.  Sisanya tidak melapor,"papar Kabid Koperasi Disperindakop Batanghari, M Kamil kepada jambidaily.com, Kamis (21/01), saat dikonfirmasi kondisi perkoperasian di Batanghari.

Selama ini pihaknya selalu melakukan pembinaan dalam bentuk pelatihan-pelatihan untuk peningkatan kapasitas personil koperasi, dan rutin melakukan pemantauan.

"Tugas kita melakukan pemantauan dan pembinaan. Kita tidak boleh masuk terlalu jauh, karena itu bukan kapasitas dan wewenang kita,"jelasnya.

Adapun untuk bidang yang bergerak yang dikelolah oleh seluruh koperasi tersebut, disebutkan M Kamil beragam tapi mayoritas di bidang perkebunan sawit dan karet.

"Bidang usahanya mayoritas bidang perkebunan, Simpan pinjam, serta barang dan jasa.

Dia berharap, bagi koperasi tidak aktif lagi, melaporkan keberadaannya kepada pihak Disperindakop.

"Kalau kita ini kan ruang kerjanya terbatas.  Maunya kesadaran para pengurus koperasi melapor, agar bisa kita lakukan pembinaan dan pendataan.  Intinya kita ingin bekerja sama untuk kemjuan di bidang koperasi," pungkasnya.(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top