Selasa, 22 Oktober 2019 |
Peristiwa

Bawa Emas 319 Gram Hasil PETI, Dicokok Polisi

Kamis, 28 Mei 2015 20:58:53 wib
sebuk emas (ilustrasi)

JAMBIDAILY PERISTIWA-Sungguh apes nasib yang dialami oleh empat orang pelaku Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) berinisial AM (35), FT(34) Warga Desa Bungo Tanjung, Kecamatan Pangkalan Jambu, bersama rekannya(37) SK dan SR(38) Warga asal Pati Jawa Tengah.

Berniat ingin menjual Emas seberat 319 gram hasil dari PETI,  Keempat pelaku tersebut malah tertangkap tangan dan diamankan Mapolsek Kota Bangko, Kamis (28/05).

Informasinya, penangkapan keempat pelaku ini berawal dari adanya salah satu Pengusaha alias pemilik PETI berinisial AM bersama isterinya FT dan Dua orang anak buahnya (pekerja PETI milik AM. red) berinisial SK serta SR, yang tengah diperjalanan menggunakan Mobil Toyota Fortuner bernopol B 1976 KJC dari Desa Perentak menuju Pasar Bawah Bangko hendak menjual menjual emas hasil Peti.

Kemudian Tim operasional Polsek Bangko yang mendapat informasi lansung melakukan pengintaian, dan sekitar Pukul 10.30 pihaknya berhasil menghentikan mobil tersebut. Dari hasil penggeledahan ditemukan 1 (Satu) buah dompet kecil yang dipegang oleh FT berisi 7 (Tujuh) bungkus plastik es berisi serbuk emas dan langsung diamankan.

Kapolres Merangin AKBP Munggaran Kartayuga SIK melalui Polsek Kota Bangko, AKP Nazaruddin, membenarkan pengamanan tersebut. Kata Kapolsek, bahwa pihaknya telah mengamankan empat orang pelaku PETI di Simpang Empat Pasar Bawah Bangko, sekitar Pukul 10.30 Wib yang hendak menjual emas hasil tambangannya.

“Betul, kita telah mengamankan empat pelaku Peti yang hendak menjual hasil tambangannya, bersama barang bukti Tujuh Bungkus plastik Es yang berisi serbuk emas seberat 319 Gram atau berkisar kurang lebih seberat Tiga ONS,” ungkap AKP Nazaruddin.

“Selain itu, kita juga mengamankan 3 buah handpone merk Samsung dan satu merk Mito serta Kendaraan roda empat bermerk Fortuner jenis Toyota yang digunakan mereka,”sebutnya.

“Diketahui Keempat inisial pelaku ini, AM selaku Pemilik usaha Peti, FT, Ibu Rumah Tangga (Isteri AM.red) dan dua perkerjanya berinisial SK dan SR,”tambahnya.

Sementara saat ini keempat pelaku itu diamankan di Mapolsek Kota Bangko guna melakukan proses pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut untuk mempertanggungjawabkan perbuatan pelakukan akan dikenakan Undang-undang tentang Mineral dan Batu Bara dengan hukumana maksimal 10 tahun kurungan penjara.

“Saat ini pelaku diamankan dipolsek, guna melakukan proses pemeriksaan serta penyelidikan lebih lanjut. Mereka akan kita jerat dengan Undang-undang tentang Mineral dan Batu Bara dengan hukuman kurungan penjara maksimal 10 tahun,” lanjutnya.

Terakhir, Salah satu pelaku berinisial AM yang tengah diamankan bersama tiga pelaku lainnya, mengaku bahwa emas seberat 319 Gram yang rencananya akan dijual tersebut diperoleh dari hasil Peti miliknya yang berlokasi di belakang bangunan gedung kantor Camat Pangkalan Jambu.

“Emas yang rencananya akan kami jual itu, adalah hasil Tambang milik saya bang. Lokasi dibelakang Kantor Camat Pangkalan Jambu, bang,”Pungkas AM, singkat.(jambidaily.com/NZR)

KOMENTAR DISQUS :

Top