Minggu, 08 Desember 2019 |
Wisata & Budaya

Belum Terkalahkan, 'Sanggar RASI' Jawara FTR 2018 dan 2019

Senin, 28 Oktober 2019 23:12:38 wib
Sanggar Rasi di FTR 2019/Foto: Ist

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Sanggar RASI, masih tangguh di posisi jawara pemuncak secara berturut-turut diajang Festival Teater Remaja (FTR) 2018 dan 2019 yang digelar Taman Budaya Jambi (TBJ) UPTD Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi.

Sanggr Rasi Mulai memperkenalkan diri sebagai salah satu kelompok teater di Jambi sejak tahun 2017. Berawal dari pementasan perdana pada 16 april 2017, berjudul My Stupid Boss yang dialihwahanakan dari film karya Upi Avianto. 

Sanggar Seni Rasi kemudian dikenal dengan konsep teater musikal. Rasi yang bisa berarti kumpulan bintang mempunyai tujuan merangkul segala kalangan untuk memiliki semangat yang sama dalam memajukan kesenian khususnya seni pertunjukan.

Sejak saat itu sanggar seni rasi terus berproses dan berkarya di bawah pimpinan Medi Saputra. Dengan dukungan dari 3 pendiri awal lainnya yaitu, Fajar, Saiful, dan Arbi. Tahun 2018, di bulan Agustus kembali disajikan pertunjukan teater musikal yang mengangkat isu lokal, berjudul Keris Siginj(AE)I. 

Sanggar Seni Rasi juga turut membina murid dari berbagai sekolah untuk mengikuti berbagai perlombaan seperti FLS2N, Lomba Drama Musikal Perjuangan, Lomba Musikalisasi Puisi, Lomba Tari, Lomba Baca Puisi, dan lomba-lomba lainnya yang masih berhubungan dengan seni pertunjukan, juga terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk penyelenggaraan kegiatan seperti, Peragaan Busana oleh Kedai Busana Clifo dan Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jambi.

Di panggung teater dalam provinsi Jambi, Sanggar Rasi walau masih sangat muda secara usia, namun mampu menunjukan prestasi terbaik menguasai FTR 2018 dan 2019. Tidak hanya sebagai juara, juga dapat meraih Sutradara terbaik dan Aktor Terbaik.

"Saya ingin terus berkarya bersama Sanggar Seni Rasi dengan segala keterbatasan. Karena setelah bertahun berproses kesenian, baru sekarang menemukan yang sesuai pilihan diri untuk berbagi dan bersilaturahmi melalu karya seni. Tentunya sangat ingin menjadi penerus perjuangan tokoh-tokoh teater di Jambi," Ujar Medi Saputra.

Kompetisi dan Prestasi yang pernah diraih

  • Festival Teater Remaja Provinsi Jambi 2018 meraih penghargaan sebagai Juara I. Juga mendapatkan penghargaan sebagai Sutradara Terbaik (Medi Saputra) dan Aktor Terbaik (Farras Audea).
  • Peserta Festival Lah Puar Jelupung Tumbuh VIII tahun 2019 kategori anak-anak.
  • Festival Teater Remaja Provinsi Jambi 2018 meraih penghargaan sebagai Juara I. Juga mendapatkan Nominasi Artistik Terbaik, Nominasi Aktris Terbaik (Farah Aura), dan mengapatkan penghargaan sebagai Sutradara Terbaik (Medi Saputra) dan Aktor Terbaik (Zander Deden).

Pementasan yang telah diselenggarakan:

  • Teater Musikal berjudul “My Stupid Boss” karya Upi Avianto tahun 2017.
  • Teater Musikal berjudul “Keris Siginjaei” karya Medi Saputra tahun 2018.
  • Penari dalam perayaan HUT Jambi “Malam Keagungan Melayu Jambi” tahun 2019.
  • Pagelaran Busana Kedai Busana Clifo sebagai pengiring tahun 2019.
  • Teater berjudul “TRIK” karya Putu Wijaya tahun 2019.

"Rasi berharap punya ruang latihan sendiri yang memadai. Dan menjadi sanggar yang mempunyai program latihan rutin dan kegiatan andalan disetiap tahunnya. Target rasi terdekat adalah membuka kelas-kelas seni.  Sehingga ada metode pembelajaran yang bisa dibagikan untuk siapapun yang berminat belajar. Tidak menutup kemungkinan rasi berharap bisa menjadi tempat belajar dan mampu menyediakan ruang belajar tersebut untuk seluruh pecinta seni di Jambi, khususnya teater," Pungkas Medi Saputra.

 

(Hendry Noesae)

 

 

 

Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top