Selasa, 18 Juni 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Berapa Lama Reaksi Secangkir Kopi Bisa Bikin Tetap Terjaga?

Sabtu, 25 Mei 2019 07:09:45 wib
Kandungan kafein dalam kopi bisa bikin kamu insomnia. (Foto: iStock)

JAMBIDAILY KESEHATAN - Kopi mengandung kafein yang dikenal dapat merangsang sistem saraf. Ketika memasuki tubuh, kafein meningkatkan detak jantung dan tekanan darah serta energi juga suasana hati. Kafein bertindak cepat dan beberapa orang mengalami efeknya dalam hitungan beberapa menit.

Setiap orang akan merasakan efek yang berbeda-beda. Beberapa mungkin bertahan lebih lama dibandingkan yang lain. Orang yang sedang hamil atau sulit tidur disarankan menghindari kopi sama sekali.

Jadi, berapa lama reaksi kafein di dalam tubuh?

Seseorang yang mengonsumsi sekitar 40 miligram (mg) kafein akan memiliki sisa 20 mg setelah 5 jam. Kadar kafein memuncak dalam darah dalam waktu sekitar 15-45 menit setelah dikonsumsi.

Kemudian kafein akan dengan cepat dimetabolisme oleh hati. Kebanyakan orang mengalami efek terkuat pada saat ini dan banyak yang mengatakan merasa gelisah, ingin buang air kecil dan mengatakan makin bersemangat yang membuatnya tetap terjaga.

Efeknya bisa bertahan berjam-jam bahkan lebih lama pada mereka yang sensitif pada kafein meski durasinya tergantung pada dosis dan faktor pribadi termasuk usia dan berat badan.

Secara keseluruhan, efek kafein dapat bertahan sepanjang hari. Sebab itu, kafein dapat menyebabkan kualitas tidur yang rendah dan bahkan mengganggu pola tidur, tergantung pada sensitivitas seseorang dan berapa banyak yang telah mereka konsumsi.

 

 

(kna/fds)/health.detik.com

KOMENTAR DISQUS :

Top