Senin, 24 Juni 2019 |
Ekonomi

BI dan BNI Jambi Buka Kas Titipan di Kota Sungai Penuh

Jumat, 01 April 2016 13:32:26 wib
Peresmian kas titipan

JAMBIDAILY EKONOMI-Bank Indonesia (BI) bekerjasama dengan BNI  sebagai bank pengelola kas titipan di kota Sungai Penuh dan telah diresmikan pada Kamis 31 Maret 2016.

Kas Titipan memiliki peranan penting di tengah masyarakat. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh melalui penyelenggaraan kas titipan ini adalah tersedianya uang titipan pada salah satu bank dalam rangka mencukupi persediaan kas bank-bank guna memenuhi kebutuhan masyarakat di suatu wilayah, khusus daerah yang jauh dari kantor BI (remote area).

Selain itu, dengan berjalannya operasional kas titipan ini diharapkan perbankan memiliki ketersediaan uang rupiah yang cukup dan jenis pecahan yang sesuai, sertaterpenuhinya kebutuhan akan uang Rupiah yang layakedar (clean money) dan terwujudnya pengelolaan kas yang aman dan optimal sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan perekonomian daerah, demikian rilis resmi BI Kantor Perwakilan Jambi kepada jambidaily.com, Jumat 01 April 2016.

Beberapa pertimbangan BI perlu membuka kas titipan di Sungai Penuh yaitu potensi perkembangan perekonomian di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci yang cukup tinggi sebagai kota pusat perdagangan bagi daerah sekitarnya, adanya penambahan kebutuhan uang kartal di masyarakat yang tercermin dari karakteristik perbankan yang net out flow dan Sungai Penuh memiliki beberapa pusat perbelanjaan modern yang menjadi salah satu kebanggaan kota, disamping pusat pertokoan lainnya diantaranya Kincai Plaza, Pasar Beringin, Pasar Tanjung Bajure, Plaza Arafah dll.

Pembukaan Kas Titipan ini juga sejalan dengan misi kota Sungai Penuh 2016 “Maju dalam ekonomi” yang didukung adanya industri perbankan dan lembaga keuangan non bank di Kota Sungai Penuh yaitu Bank BNI, BRI, Danamon, Mega, Bank Pembangunan Kerinci atau bank Jambi, BTPN, BMT SERAMBI MADINAH (Lembaga Keuangan Syariah), dan Unit Layanan (ULaMM) Syariah Sungai Penuh (PT. PNM Persero). Yang tak kalah menarik Sungai Penuh memiliki objek wisata yang sangat berpotensi dikembangkan diantaranya yaitu Pesona Bukit Khayangan, Taman Bunga, Panorama Bina Karya, dan Panorama Bukit Sen Tiong.

Kas titipan ini sudah dapat mulai beroperasi hari Jumat tanggal 1 April 2016, sehingga kebutuhan masyarakat akan uang Rupiah yang layak edar dapat terpenuhi dan memudahkan masyarakat bertransaksi menggunakan Rupiah.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat (Bp. Puji Atmoko), Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi (Bp. Poltak Sitanggang), PJ. Bupati Kabupaten Kerinci (Bp. Adi Rozal), Walikota Kota Sungai Penuh (Bp. Asyafri Jaya Bakri) Muspida Kabupaten Sungai Penuh Provinsi Jambi, Pimpinan Perbankan di wilayah Sungai Penuh dan para undangan. Selengkapnya sambutan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat (Bp. Puji Atmoko) dan foto penandatanganan kerjasama antara Bank Indonesia dengan BNI sebagai bank pengelola kas titipan di kota Sungai Penuh.(jambidaily.com/BI/Rilis)

KOMENTAR DISQUS :

Top