Jumat, 23 Agustus 2019 |
Nasional

BKIPM Jambi Resmi Luncurkan Pekan Layanan Publik

Senin, 01 Juli 2019 20:18:45 wib

JAMBIDAILY NASIONAL - Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jambi resmi meluncurkan Pekan Layanan Publik. Pekan pelayanan publik ini merupakan agenda tahunan serta bagian dari rangkaian kegiatan bulan bakti karantina ikan dan pengendalian mutu hasil perikanan yang dilakukan serentak di 47 kantor pelayanan publik BKIPM di seluruh Indonesia mulai tanggal 1 s.d 7 Juli 2019. 

Kegiatan ini, diadakan demi terwujudnya peningkatan pelayanan publik yang semakin prima dengan mengangkat tema 'Gerakan Indonesia Melayani Mewujudkan Pelayanan Publik di Era Digital'. BKIPM Jambi merupakan institusi yang berfungsi memberikan pelayanan terkait sertifikat kesehatan ikan dan mutu hasil perikanan bagi kegiatan ekspor, domestik keluar dan domestik masuk, dalam mendukung pelayanan publik tahun ini telah melakukan beberapa hal seperti, ikut terlibat aktif dalam penerapan pembayaran dengan sistem elektronik, pelaporan karantina berbasis internet, dan sistem barcoding dalam kontrol pergerakan barang. 

Sistem ini dilaksanakan sebagai dukungan BKIPM terhadap Gerakan Indonesia Melayani dan Mewujudkan Pelayanan Publik Era Digital yang berkesinambungan. BKIPM Jambi dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat pengguna jasa layanannya semakin prima dan inovatif sehingga tidak tertinggal dari Sistem yang berlaku dalam tatanan global yang terus berkembang di era digital yang dinamis dan serba cepat tanpa batas.  

Meski penggunaan teknologi dalam pelayanan bagi BKIPM sudah tidak asing lagi menginggat dalam 10 tahun terakhir ini BKIPM Jambi serius memperkuat pembangunan Infrastruktur pendukung Sistem Informasi yang digunakan dalam transaksi pelayanan yang diberikannya melalui Sistem Karantina Ikan ONLINE (SISTERKAROLINE) yang cukup tersohor dan mampu menjadi contoh instansi lainnya dalam layanan jasa sertifikasi kesehatan dan lalulintas perikanan sehingga pelayanan menjadi lebih mudah diakses dimanapun berada, paperless, murah dan efisien yang dinyakini memperkecil pungli di lapangan dan secara langsung berdampak dalam peningkatkan volume Ekspor, domestik keluar dan domestik masuk produk perikanan Indonesia.  
Dalam rangka pekan pelayanan publik yang dilakukan oleh BKIPM Jambi adalah menerapkan:

  1. Pelayanan aplikasi Permohonan Pemeriksaan Karantina (PPK) Online  sebagai salah satu subsitem dari Sistem Terintegrasi Karantina Online (Sisterkaroline)
  2. Pelayanan sistem sertifikasi kesehatan ikan dan mutu hasil perikanan secara online melalui aplikasi “ Sisterkaroline” sehingga dapat di akses dinamapun baik melalui computer maupun Handphone.
  3. Pelayanan dengan sistem non tunai melalui EDC dengan bekerja sama dengan beberapa perbankan, sehingga diharapkan ini akan memperkecil terjadinya pungli.
  4. Pelayanan dengan mengambil tema kebudayaan local yaitu budaya Jambi, sehingga ini mengingatkan kepada semua pihak agar budaya Jambi tetap lestari tidak tergerus oleh waktu dan budaya asing
  5. Pemberian cindera hati kepada pengguna jasa yang telah patuh terhadap peraturan perkarantinaan yang tetah diterapkan. (Rilis)

KOMENTAR DISQUS :

Top