Kamis, 23 Januari 2020 |
Peristiwa

Buka Musrenbang RKPD, Safrial Ajak OPD Fokus Pada Solusi

Selasa, 03 April 2018 16:58:43 wib

JAMBIDAILY KUALATUNGKAL, Tanjabbar - Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2019 resmi dibuka Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS hari ini Selasa, (3/4/18) di gedung Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjab Barat.

Bupati dalam sambutannya mengatakan Musrenbang yang dilaksanakan saat ini merupakan salah satu tahapan proses perencanaan pembangunan daerah dengan berbasis aplikasi E-Musrenbang yang merupakan bagian dari e-planning yang nantinya dituangkan dalam dokumen rencana kerja pemerintah daerah sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang system perencanaan pembangunan nasional dan undang-undang nomor 9 tahun 2015.

Ditambahkannya, dengan tema “Perwujudan Pembangunan Infrastruktur melalui percepatan konektifitas wilayah guna mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan", musrenbang ini diharapkan mampu menjawab tantangan kedepan dengan beberapa fokus pembangunan yang berorientasi pada pembangunan berkualitas. Untuk itu Safrial juga menyampaikan semua rencana ini butuh dukungan semua pihak demi terus mendorong tumbuh dan bergeraknya ekonomi Tanjung Jabung Barat. Pemerintah, tegasnya, akan terus berupaya merealisasikan kinerja dalam mewujukan visi dan misi guna menjawab tantangan tersebut.

“Waktu kita terbatas, ini sudah masuk tahun ketiga, kami punya target tahun ini air bersih harus masuk ke kuala Tungkal jadi kita harus fokus, butuh pemikiran serius, musrenbang aspirasi itu dikonekkan dengan visi misi bupati dan wakil bupati”, tukasnya.

Bupati juga menghimbau kepada kepala OPD agar serius dan fokus mencari solusi terbaik untuk mewujudkan pembangunan.

“Kita harus fokus pasa pembangunan infrastruktur pada jalan, jembatan, air bersih dan listrik. Makanya saya ingin semua tuntas, saya berharap yang ikut rapat ini bisa mencari solusi”, ujar safrial.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Ir. H. Firdaus Khatab, MM dalam laporannya mengatakan tujuan dilaksanakannya Musrenbang RKPD Kabupaten Tanjab Barat tahun 2019 adalah untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi guna penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Tanjung Jabung Barat menjadi rancangan akhir RKPD Kabupaten dengan cara menyerasikan program kegiatan antar perangkat daerah dengan memperhatikan aspirasi masyarakat berdasarkan berita acara kesepakatan hasil musrenbang RKPD Kabupaten.

Lebih lanjut firdaus mengatakan penajaman penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan diatas mencakup prioritas dan sasaran pembangunan daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan arah kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan daerah provinsi

“Usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah kabupaten tanjung jabung barat melalui musrenbang desa/kelurahan yang dilaksanakan di 13 kecamatan, indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah Kabupaten Tanjab Barat harus sinergi dengan RKP dan RKPD Provinsi Jambi”, ujar Firdaus Khatab

Peserta musrenbang RKPD Tanjab Barat diikuti 200 orang meliputi unsur forkopimda, ketua Pengadilan Negeri, ketua Pengadilan agama, Dewan Perwakilan rakyat, para asisten dan staf ahli, para kabag, kepala opd, pimpinan perusahaan, Ketua Bappeda Provinsi Jambi, para kepala Bappeda tetangga yang berbatasan dengan Kabupaten Tanjab Barat, Direktur Bank dan BUMD, Pimpinan perguruan tinggi akademisi, Tim Penggerak PKK dan GOW, Para Camat Sekabupaten Tanjab Barat, lembaga swadaya masyarakat serta tokoh masyarakat.(Humas Pemkab Tanjabbar)

KOMENTAR DISQUS :

Top