Selasa, 23 Juli 2019 |
Advetorial

Bupati Buka Rakor Percepatan Anggaran 2016

Selasa, 19 Januari 2016 21:10:53 wib

JAMBIDAILY ADVETORIAL-Bupati Merangin H Al Haris didampingi Wabup H A Khafid Moein membuka rapat koordinasi (Rakor) percepatan anggaran 2016.

Rakor di Aula Kantor Bupati Merangin, Selasa (19/01) tersebut, diikuti seluruh satuan kerja penerima dana APBN.

Dikatakan bupati pada Rakor yang digelar Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi  itu, pada 2016 Kabupaten Merangin dan Sarolangun secara keseluruhan menerima alokasi dana sebesar Rp 2,45 triliun dari APBN.

Dana itu dialokasikan melalui satuan kerja perangkat daerah sebesar Rp 27,94 miliar dan dalam bentuk dana transfer ke daerah berjumlah Rp 2,17 triliun. Dari dana transfer ke daerah tersebut, yang dialokasikan untuk dana desa di Pemkab Merangin sebesar Rp 123,6 miliar.

‘’Untuk dana DAK tahun ini Merangin mengalami peningkatan sebesar 26,68 persen. Peningkatan ini dilakukan dalam rangka menunang infrastruktur publik daerah. Kita sangat bersyukur karena dana pusat terus mengalir ke daerah,’’ujar Bupati.

Kondisi sekarang ini berbeda dengan dahulu lanjut bupati. Kalau dahulu orang daerah harus berjuang semaksimal mungkin menjemput dana pusat, tapi kalau sekarang dana itu datang dengan sendirinya.

Lancarnya dana pusat mengalir ke daerah sambung bupati, membuat pembangunan di daerah mudah dilakukan.  Artinya Pemkab Merangin sangat tertolong, karena untuk membangun Kabupaten Merangin  yang luas tidak mungkun hanya mengandalkan APBD.

Pada kesempatan itu bupati masih didampingi Wabup Merangin membagikan piagam penghargaan kepada instansi penerima dana APBN yang terbaik mengelola dana negara itu dengan berbagai kategori.

Untuk kategori laporan pertanggungjawaban bendahara penerimaan terbaik, peringkat pertama Pengadilan Agama Sarolangun, kedua Pengadilan Negeri Bangko dan diposisi ketiga Polres Merangin.

Seangkan untuk kategori laporan pertanggungjawaban Bendahara pengeluaran terbaik, peringkat pertama diraih Polres Sarolangun, kedua MIN Pauh Sarolangun dan di peringkat tiga MAN Pamenang.

Pada kategori Rekonsiliasi sistem akuntasi instansi berbasis aktual dan sistem perbendaharaan akuntasi negara terbaik pertama diraih KPU Merangin, urutan kedua Polres Merangin dan diposisi ketiga MIN Sarolangun.

Di kategori realisasi penyerapan anggaran belanja kategori DIPA dibawah Rp 4 miliar peringkat pertama Polres Marangin, kedua Polres Sarolangun dan diposisi ketiga MTsN Bangko.

Selain itu untu kategori realiasai penyerapan anggaran belanja kategori DIPA diatas Rp 4 miliar diposisi pertama KPU Sarolangun, kedua Kejaksaan Negeri Sarolangun dan MIN Rasau Kab Merangin harus puas diposisi ketiga. (jambidaily.com/HMS/TEG)

KOMENTAR DISQUS :

Top