Selasa, 19 November 2019 |
Peristiwa

Bupati Safrial Wawancara Langsung Nominasi Tiga Besar Camat Teladan dan Berprestasi

Selasa, 16 Oktober 2018 19:25:50 wib

JAMBIDAILY KUALATUNGKAL, Tanjabbar - Hari ini (Selasa 16/10/18) Bupati Tanjab Barat Dr.Ir.H. Safrial,MS menggelar Ekspose dan Wawancara Komisi 3 besar Camat Teladan dan Berprestasi, Kabupaten Tanjab Barat tahun 2018. Tiga camat yang masuk dalam nominasi ekspose dan wawancara tersebut, yakni Camat Pengabuan, Tebing Tinggi dan Tungkal Ulu.

"Saya ingin menyampaikan penghargaan yang tinggi diucapkan selamat, khususnya kepada Camat Pengabuan, Tebing Tinggi, dan Tungkal Ulu yang telah berhasil masuk dalam nominasi 3 (Tiga) besar, penilaian Camat teladan/berprestasi Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2018," Ucap Bupati Safrial dalam sambutannya.

Lebih lanjut kata Bupati bahwa Kegiatan penilaian Camat teladan/berprestasi Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini adalah merupakan upaya pembangunan sumber daya pembinaan aparatur, evaluasi, dan memotivasi para camat, untuk memacu kinerja perangkat Kecamatan secara komprehensif, simultan, dan paralel. Mengingat fungsi strategis seorang camat sebagai koordinator penyelenggaraan pemerintahan umum, dan ujung tombak pelayanan publik yang merupakan perpanjangan tangan bupati kepala daerah, bersifat delegatif di Kecamatan, sebagaimana tertuang dalam peraturan Bupati Tanjung Jabung Barat nomor 79 tahun 2016, tentang tentang pelimpahan sebagian wewenang Bupati kepada Camat, untuk melaksanakan urusan Pemerintahan. 

Camat juga berperan dalam mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan daya saing daerah, melalui fungsi fasilitas pembangunan, pembinaan pemerintahan desa serta pemberdayaan masyarakat pada level Kecamatan. 

"Saya mengharapkan dapat lebih mendorong objektifitas keberadaan Camat beserta perangkat Kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Sehingga membawa dampak nyata dan berkualitas, yang benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Khususnya di wilayah kerja Camat, pada Kecamatan masing-masing," tegas Bupati. 

Bupati lakukan wawancara secara langsung, kepada para Camat yang termasuk nominasi tiga besar, hasil seleksi tim pembinaan dan penilaian camat teladan/Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2018. Yang menjadi pokok perhatian tahapan ini adalah aspek kepemimpinan camat, terutama penguasaan terhadap wilayah kerja, kemampuan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan ditingkat Kecamatan, pengembangan ide-ide/inovasi dan kreasi, atau terobosan yang efektif. Sebagai wujud peterjemahan dari visi-misi pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk mewujudkan Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang maju, adil, makmur, bermartabat, dan berkualitas.

"Saya minta untuk dapat meningkatkan kegiatan pembinaan, dan koordinasi yang baik terhadap jajaran Kecamatan dalam rangka memperkuat kapasitas kelembagaan kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kemudian kepada para camat beserta Tim penggerak PKK Kecamatan saya harap untuk senantiasa meningkatkan motivasi, sinergitas, serta menjadikan moment ini sebagai pengalaman berharga, guna mengoptimalkan kinerja Kecamatan dimasa-masa yang akan datang," Ingatnya.  

Terlihat hadir acara tersebut, para staf ahli Bupati, Asisten, Kabag dilingkup Pemkab Tanjab Barat, ketua tim penggerak PKK Kabupaten Tanjab Barat, jajaran tim penilaian camat teladan/berprestasi, Kabupaten Tanjab Barat tahun 2018, para Camat dan Insan Pers yang hadir. (hms tanjabbar)

KOMENTAR DISQUS :

Top