Senin, 09 Desember 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Cara Aman Memahat Otot Lengan bagi Pria

Selasa, 15 Desember 2015 14:08:52 wib
Push Up (ilustrasi)

JAMBIDAILY OLAHRAGA-Seorang pria tentu ingin tampil macho di depan kekasihnya. Namun sayang ada pria yang memiliki lengan kecil, sesuatu yang identik dengan postur pria tidak gagah. Lalu, bagaimana cara membentuk otot lengan yang aman?

Dokter Deffy Leksani dari Meetdoctor menjelaskan ada banyak cara untuk membentuk otot kekar namun aman bagi pria. Ini di antaranya:

Monkey push.

Sebagai permulaan gerakan ini, cobalah memasang posisi tubuh seperti gerakan push-up. Tangan di bawah bahu lurus menapak pada lantai dengan posisi tubuh lurus dari kepala hingga kaki, dorong ujung jari-jari kaki dan lompat ke sisi luar tangan kiri dan kanan.

Kemudian, lompat kembali lagi ke posisi push-up awal diikuti gerakan push-up dengan menekuk siku sambil merapatkannya ke sisi tubuh, turunkan tubuh ke arah lantai. Ulangi gerakan ini sekitar 12 kali.

Curls.

Membentuk otot lengan dengan melakukan angkat beban sangat baik dilakukan dengan menggunakan barbell atau dumbbell. Tidak perlu memulainya dengan beban yang berat, cobalah untuk memilih beban yang lebih mudah Anda angkat.

Kedua tangan memegang beban dengan telapak tangan menghadap ke atas. Lalu angkat beban ke arah dada. Pada saat mengangkat beban, jangan gerakan siku dan pastikan siku Anda tetap berada di sisi tubuh. Lakukan gerakan ini sebanyak 12 kali.

One-leg rear-delt raise.

Pada latihan ini, kita perlu mengangkat beban setidaknya 2 - 3 kilogram di masing-masing tangan. Setelah itu pasang posisi berdiri dengan merentangkan tangan ke samping sambil membawa beban.

Lalu angkat satu kaki ke belakang sambil mencondongkan tubuh ke depan. Tahan posisi tubuh sejajar lurus dari kepala hingga kaki. Lalu turun-naikkan lengan seperti gerakan sayap burung 10-15 kali. Ulangi dengan kaki yang sebelah.

Push up.

Gerakan yang satu adalah salah satu gerakan olahraga yang umum dilakukan. Tidak hanya bisa membakar kalori, gerakan ini ternyata juga salah satu cara membesarkan otot lengan.

Angkat lengan dan kaki di arah berlawanan.

Siapkan posisi tubuh bertumpu pada empat tumpuan, kedua lengan lurus di bawah bahu dan kedua lutut lurus di bawah panggul. Lalu bentangkan kaki kiri Anda lurus ke belakang, dan bentangkan tangan kanan lurus ke depan. Lakukan gerakan ini hingga sekitar 15 kali, tahan selama 5 detik setiap posisinya. Lakukan hal yang sama dengan posisi sebaliknya.

“Selain melakukan beberapa hal itu, jika Anda sudah menjadi anggota dari pusat kebugaran, kita bisa melakukan beberapa gerakan mengangkat beban lainnya,” ujarnya.

Ingat, melakukan olahraga yang melatih kekuatan otot juga bisa membantu dalam menurunkan gejala dari beragam penyakit kronis. Seperti osteoporosis, arthritis, sakit punggung, bahkan depresi. Jangan lupa untuk tetap menyimbangkan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. (*)

Sumber:Viva.co.id/Meetdoctor.com

KOMENTAR DISQUS :

Top