Jumat, 16 November 2018 |
Pendidikan & Teknologi

CCO Tempo Media Group, Ingatkan bahwa Wartawan itu Mahkotanya Akurasi Berita

Selasa, 14 Agustus 2018 00:38:19 wib

JAMBIDAILY BANGKA - Pada Sharing Session bersama Wahyu Muryadi, CCO Tempo Media Group menutukan dalam kegiatan Media Gathering SKK Migas dan Forum Jurnalis Migas (FJM) di Bangka, Wartawan harus sajikan berita dengan akurasi yang tepat.

"Anda sembrono menyebut nama orang, umurnya bahkan atau skala ukuran-ukuran yang tidak benar maka akan kehilangan daya jual. Bagaimana berita tidak benar, itu jelas melanggar kode etik," Tegas Wahyu (Senin,13/08/2018).

Pada pemilihan presiden (pilpres) yang akan berlangsung tahun 2019, Wahyu mengingatkan agar lebih akurat dalam menentukan jumlah, minimal mendekati akurat dengan cara menyaksikan langsung.

"Cobaan muncul saat pilpres, pasti ada klaim. Anda jangan sembarangan menyebutkan klaim jumlah massa, paling tidak harus di cek. Minimal jumlah mendekati akurasinya, tidak sembarangan," Terangnya. 

Terkait Klaim, Wahyu mengingatkan bahwa itu merupakan bibit-bibit dari tumbuh kembangnya Berita palsu alias "Hoax"

"Klaim itu biasa lah, bibit Hoax itu diawali dari Klaim, bahayanya dari penguasa, dari orang yang memiliki kepentingan untuk dipilih. Wartawan harus bertanya, seperti apa, mengapa," Pungkasnya.

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top