Minggu, 29 Maret 2020 |
Suaro Wargo

Dailami: Pengaruh Lingkungan Terhadap Tingkah Laku Pada Anak Remaja

Rabu, 04 Juli 2018 16:13:14 wib

JAMBIDAILY SUARO WARGO - Pengaruh lingkungan terhadap tingkah laku anak remaja merupakan Salah satu bagian perkembangan masa anak remaja yang tersulit. penyesuaian terhadap lingkungan sosial anak. remaja harus menyesuaikan diri dengan lawan jenis dalam hubungan interpersonal yang awalnya belum pernah ada, juga harus menyesuaikan diri dengan orang dewasa diluar lingkungan keluarga dan sekolah. Untuk mencapai tujuan pola sosialisasi dewasa, remaja harus membuat banyak penyesuaian baru. Ia harus mempertimbangkan kelompok sebaya, perubahan dalam perilaku sosial, membentuk kelompok sosial baru dan nilai-nilai baru memilih teman.

Masa mudah dalam kehidupan manusia adalah masa yang dapat dikatakan penuh harapan dan semangat.jika ditinjau dari segi biologis ia sedang dalam puncak kesempurnaan, dimana tubuh sedang mengalami pertumbuhan atau reproduksi sudah mulai aktif ke segala fungsinya.Sekarang ini banyak remaja yang terjerumus terhadap pergaulan bebas yang tidak sehat. Contohnya saja banyak remaja yang merokok di tempat umum, memakai obat-obatan terlarang, perkelahian, dan sebagainya. Hal itu disebabkan karena faktor lingkungan yang mempengaruhi pergaulan mereka.

Secara konseptual lingkungan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak remaja. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku tingkah laku anak remaja yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. lingkungan keluarga merupakan peranan yang sangat penting terhadap tingkah laku anak remaja, terutama penciptaan pergaulan yang sehat. Betapa pentingnya peranan anak remaja dalam menentukan masa depan bangsa dan Negara. Sebab, anak remaja juga generasi penerus perjuangan bangsa.

Lingkungan keluarga merupakan aspek yang pertama dan utama dalam mempengaruhi perkembangan tingkah laku anak remaja.Anak remaja lebih banyak menghabiskan waktu di lingkungan keluarga, sehingga keluarga mempunyai peran yang banyak dalam membentuk perlaku dan kepribadian tingkah laku anak remaja serta memberi contoh nyata kepada anak remaja.Lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat juga berpengaruh dalam perkembangan tingkah laku anak remaja

Lingkungan sekolah mempunyai peranan dalam mengembangkan potensi pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki anak remaja, menciptakan budi pekerti yang luhur, membangun solidaritas terhadap sesama yang tinggi, serta mengembangkan keimanan dan ketakwaan anak remaja agar menjadi manusia yang beragama dan beramal kebajikan.

Dilingkungan masyarakat mempunyai peranan dalam mengembangkan perilaku dan kepribadian anak remaja. Dalam masyarakat anak bergaul dengan teman sebayanya maupun yang lebih mudah atau bahkan yang lebih tua. Dari pergaulan inilah anak remaja akan mengetahui bagaimana orang lain berperilaku dan anak remaja dapat mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam masyarakat serta anak remaja dapat berpikir dan mencari penyelesaiannya.

 
 

 


  


...
Ditulis Oleh
Nama: M Dailami
Kelas:2C
Semester: 2
Jurusan: Pendidikan Matematika
Fakultas:Tarbiyah dan keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi

 

 

 


*isi/sumber/referensi dari Artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis

KOMENTAR DISQUS :

Top