Senin, 20 Mei 2019 |
Politik

Data Belum Lengkap,? LSM LP-KPK dan Gaung Demokrasi Batal Demo di Bawaslu Tanjabtim

Senin, 13 Mei 2019 14:07:52 wib
Pertemuan antara gabungan LSM dan Bawaslu Tanjabtim dan diabadikan dengan foto bersama pada minggu sore (12/5)/Foto: Ist

JAMBIDAILY TANJABTIM - Rencana aksi massa yang tergabung di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) LP-KPK dan Gaung Demokrasi Indonesia untuk melakukan aksi demo di gedung bawaslu hari ini senin (13/5) batal. 

Batalnya aksi demo tersebut disepakati dengan pertemuan antara gabungan LSM dan Bawaslu Tanjabtim dan diabadikan dengan foto bersama pada minggu sore (12/5).

"Demo di bawaslu hari ini kita tunda sampai kamis, karena masih ada data yang perlu kami kumpulkan,"kata Ketua LSM LP-KPK Sapri Hamzah kepada jambidaily.com Senin (13/5/2019).

Namun para netizen meragukan jika kamis mendatang rencana aksi demo di bawaslu akan berlangsung. Pasalnya, netizen beranggapan bahwa persoalan yang akan dibawa LSM tersebut telah masuk angin dan diduga telah terjadi kesepakatan.

Seperti yang disampaikan salah satu netizen, Oki Zulkifli di laman facebook nya mengungkapkan kekecewaaan nya terkait batalnya aksi demo tersebut sambil mengapluod foto pertemuan LSM dan Bawaslu.

"Demo hari senin 13 Mei 2019 di Kabupaten Tanjab Timur, Batal. Diduga Sapri dan Pak M Hidayatullah Dachi Dachi sedang masuk angin," tulis Oki Zulkifli.

Sebelumnya, sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) diantaranya, LSM Gaung Demokrasi Indonesia dan LSM Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP-KPK) rencananya akan melakukan aksi demo di sekretariat Bawaslu Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Gedung Bersama pada Senin (13/5).

Demo tersebut menuntut Ketua Bawaslu Tanjabtim, Samsedi untuk mundur dari jabatanya karena dianggap tidak mampu dalam mengawasi pemilu yang bersih dan melahirkan pemilu yang bemartabat.

Berdasarakan surat pemberitahuan demo yang akan dilakukan gabungan LSM, ada beberapa tuntutan mendasar yaitu, Bawaslu dianggap tidak mampu dalam memberikan pengawasan sehingga maraknya money politik dimasyarakat. 

Bawaslu juga diduga ada melakukan permainan dalam penanganan kasus dugaan pelanggaran pemilu pada caleg dan meminta DKPP serta Bawaslu Provinsi Jambi melakukan audit investigasi kepada bawaslu Tanjabtim dalam melukan proses penanganan kasus yang ditangani Bawaslu Tanjabtim.

Jumlah massa yang diperkirakan akan hadir sebanyak 700 orang, awal menjadi titik kumpul yang direncanakan di simpang 4 talang babat dan yang menjadi kordinator dalam aksi demo tersebut dilakukan oleh Ketua LSM LP-KPK , Sapri Hamzah.

Penulis: Hendri Rosta
Editor: Hendry Noesae

 


Berita Terkait:
Rencana Akan Demo, Sejumlah LSM Tuntut Ketua Bawaslu Tanjabtim Mundur

KOMENTAR DISQUS :

Top