Rabu, 01 April 2020 |
Kesehatan & Olahraga

Delapan Tong TPS Bantuan CSR Telah Tersedia di Tanjabtim

Senin, 17 Februari 2020 20:32:33 wib
JAMBIDAILY TANJABTIM - Keberadaan sampah di suatu daerah memang menjadi persoalan yang harus ditanggapi serius guna menjaga kebersihan daerah tersebut. Akan tetapi, untuk mengatasi hal tersebut bukan lah semuda membalikkan telapak tangan.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh instansi terkait di suatu daerah untuk mengatasi urusan sampah agar daerah tersebut bisa terlihat bersih dan menjadi daerah sehat nantinya.

Hal tersebut juga dilakukan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), saat telah tersedia sekitar Delapan tong tempat pembuangan sampah bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) atau bantuan dari pihak ketiga yaitu PetroChina.

Kepala bidang pengolahan sampah dan limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjabtim Alfajri ST. ME, saat di wawancarai di ruang kerjanya, Senin (17/02/2020) mengatakan, delapan tong TPS ini baru tersedia di Dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Muara Sabak Barat dan Kecamatan Geragai.

Usulan pembangunan tong TPS ini telah dilakukan pada tahun 2019 yang lalu dan di tahun 2020 telah terealisasi, sedangkan di tahun 2020 ini pihak DLH mengusulkan dua paket pengadaan berupa alat pengolahan sampah tong kontainer sampah yang sifatnya dapat dipindah - pindahkan. "Keberadaan tong kontainer sampah ini sangat diperlukan, sebab bisa dipindah - pindahkan. Apalagi di Kabupaten Tanjabtim banyak pasar yang dibuka pada hari - hari tertentu, jadi kita bisa meletakkan tong kontainer sampah ini di lokasi pasar itu, seperti di pasar Senin, pasar Rabu atau pasar Kamis," jelasnya.

Untuk di tahun 2020 ini, pihak DLH berharap mendapatkan sebanyak 10 tong kontainer sampah dan 1 TPS3R dari bantuan CSR guna mengatasi persoalan sampah yang ada di Tanjabtim. "Saat ini kesadaran masyarakat dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga kebersihan di Kabupaten kita ini. Percuma kalau banyak tong sampah yang sudah dibuat, tetapi masyarakatnya masih juga membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Alfajri juga mengatakan, pihaknya tak jarang masih juga sampah - sampah yang masih berserakan di sekitar TPS yang telah disediakan. Hal itu tentu sangat disayangkan, sebab dengan adanya tong sampah diharapkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan yang ditanamkan dari diri sendiri belum tumbuh.

"Terkadang ada juga masyarakat yang tidak mau memasukan sampah yang dibuangnya ke dalam TPS yang sudah tersedia, mereka sengaja melemparkan saja sampahnya di sekitar TPS yang tersedia dengan anggapan nantinya sampah miliknya tersebut akan dibersihkan oleh petugas kebersihan sewaktu memungut sampah di TPS itu. Hal itu sungguh sangat disayangkan, sebab kesadaran dari masyarakat terlihat belum maksimal untuk saling menjaga kebersihan," paparnya.

Selain itu, Alfajri juga menjelaskan, keberadaan tong TPS ini sebelumnya telah disepakati oleh beberapa pihak, diantaranya pihak Kelurahan dan Kecamatan. Agar nantinya keberadaan tong TPS ini kegunaannya bisa maksimal. "Kami telah berkoordinasi dengan pihak Kelurahan dan Kecamatan di mana saja lokasi yang pas untuk di letakkan tong TPS ini. Sebab pihak Kelurahan dan Kecamatan tentu mengetahui persis titik - titik atau lokasi - lokasi mana saja yang sering menjadi tempat masyarakat membuang sampah. Dengan begitu, diharapkan keberadaan tong TPS ini bisa berfungsi secara maksimal dan masyarakat tidak lagi membuang sampah di tempat - tempat yang bukan semestinya," terangnya.

Sementara itu, Ijal, warga Kelurahan Talang Babat mengatakan, dengan adanya tong TPS di kelurahannya ini berdampak positif bagi kebersihan di sekitar wilayahnya tersebut. Sebab, sebelumnya sampah - sampah banyak berserakan tidak jauh dari lokasi tong TPS tersebut, hal itu berdampak pada aroma yang ditimbulkan dari sampah - sampah tersebut dan juga merusak pemandangan dengan adanya sampah yang berserakan.

"Sekarang kondisi wilayah kami sudah mulai terjaga dengan adanya tong TPS ini, tidak ada lagi sampah yang berserakan dan aroma busuk yang ditimbulkan dari sampah - sampah yang dulu berserakan mulai tidak begitu terasa lagi karena, sampah yang ada di tong TPS ini rutin dibersihkan oleh dinas kebersihan," ungkapnya.

Penulis: Hendri Rosta/Editor: Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top