Jumat, 15 November 2019 |
Nasional

Demi Batu Bara, Pemerintah Ingin Bangun Bandara di Lahat

Minggu, 07 April 2019 16:58:17 wib
Foto: Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya (Ist/ Angkasa Pura II)

JAMBIDAILY NASIONAL - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang mengkaji pembangunan bandar udara di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi usai berkunjung ke Lahat dan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

"Yang saya koordinasikan antara lain rencana pembangunan bandara di Lahat dan jalan tol dari Lahat sampai Bengkulu," ujar Budi Karya seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (6/4/2019).

Budi Karya menjelaskan, pemerintah merasa perlu koordinasi-koordinasi dari segi infrastruktur agar pemanfaatan potensi sumber daya energi yang ada di Kabupaten Lahat, yakni batu bara, dapat terus meningkat. Dia pun mengaku diminta langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan hal ini. 

"Saya datang ke Lahat ini diminta Presiden Joko Widodo untuk koordinasi infrastruktur agar potensi yang ada di Lahat dapat terus ditingkatkan. Kita ketahui bersama, Lahat merupakan sumber energinya Sumatera Selatan maupun nasional. Lahat terkenal akan sumber energinya yaitu batu bara," jelas Budi.

Saat ini, Kemenhub menunggu komitmen dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat untuk dapat menyediakan lahan bagi pembangunan bandara. 

Budi mengatakan, jika lahan sudah tersedia maka selanjutnya Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub akan melakukan berbagai kajian kelayakan terhadap lahan tersebut. 

"Ada inisiatif dari Pemkab dan masyarakat untuk membangun bandara, saya terima usulannya dan akan kita pelajari. Jika memenuhi syarat, kita akan segera bangun, supaya potensi yang ada di Lahat dapat berkembang dengan baik," tambahnya. (dru)

 

 

(cnbcindonesia.com)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top