Minggu, 18 Agustus 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Desa Koto Tinggi Adakan Sosialisasi Desa Siaga Aktif

Sabtu, 06 Januari 2018 11:32:49 wib

JAMBIDAILY KERINCI - Sosialisasi desa siaga aktif dilaksanakan (Sabtu, 6/1/18) kepala desa Koto Tinggi Darsono mengatakan sosialisasi desa siaga aktif bertujuan agar masyarakat bisa 

"siap siaga dalam menghadapi permasalahan kesehatan dan keamanan" Terang kades.

Sosialisasi desa siaga aktif di buka oleh ketua BPD marwazi dalam. Arahannya ketua BPD mengharapkan dalam sosialisasi ini desa koto tinggi bisa menciptakan masyarakat siaga bisa jadi masyarakat yang mandiri siaga aktif.

Sementara itu narasumber bidan Annisa dari puskesmas sungai Bungkal mengatakan 

"desa siaga itu masyarakat bisa memahami akan diri sendiri atau bisa mengerti akan kebutuhan sendiri seperti kesehatan. Desa siaga aktif bidannya yang berperan, minimal bisa mengurangi angka kematian ibu hamil, jadi kriteria desa siaga terdiri dari forum. masyarakat desa, sudah memiliki kader, sudah memiliki polindes, posyandu, dukungan dana, peran aktif dari masyarakat, SK siaga aktif, pembentukan kader, pembinaan PHBS. Ini kriteria desa siaga bidang kesehatan" kata annisa.

Narasumber desa siaga bidang keamanan selanjutnya Jasman yang merupakan Babinsa desa koto tinggi mengatakan 

"keamanan itu dimulai dari diri sendiri, bagaimana membuat kita nyaman, semua desa itu siaga dan alhamdullilah kemanan desa seperti hansip telah dibentuk jadi saya merasa terbantukan. Jadi manfaatkan organisasi desa dulu kalau ada permasalahan di desa kalau sudah tidak bisa lagi baru ke aparat hukum" jelas jasman (gsm)

KOMENTAR DISQUS :

Top