Senin, 20 Mei 2019 |
Wisata & Budaya

Di Kuala Tungkal ada Festival Arakan Sahur Tradisi Ramadhan, Ini Jadwalnya

Senin, 06 Mei 2019 14:55:10 wib

JAMBIDAILY KUALA TUNGKAL, Tanjabbar - Setiap Ramadhan atau bulan puasa, Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) selalu diadakan festival arakan sahur, tradisi turun temurun yang telah diagendakan sebagai kegiatan tahunan oleh Pemerintah Kabupaten.

Minggu (5/5/19) malam, meskipun diguyur hujan, ribuan masyarakat Kuala Tungkal tetap antusias memadati sisi jalan protokol guna untuk melihat festival yang menyajikan atraksi dan mendengarkan alunan musik serta tabuhan irama beduk saling bersahut-sahutan.

serambijambi.id mediapartnership jambidaily.com, menulis, M Natsir salah satu warga Kuala Tungkal mengatakan, sebagai warga Kabupaten Tanjab Barat, bangga dan diharap dapat menumbuhkan semangat anak-anak sambut ramadhan.

"Kita menyambut baik kegiatan arakan sahur yang tiap tahun digelar Pemerintah ini. Dapat kita lihat, bagaimana semangatnya anak-anak dan masyarakat menyaksikan kegiatan ini. Kegiatan positif ini diharapkan dapat menumbuh kembangkan semangat anak anak dalam menyambut bulan ramadhan.Kita berharap kegiatan ini kedepannya lebih baik lagi, dan juga berharap pemerintah lebih meningkatkan lagi baik dari kegiatan maupun hadiahnya,” ujar M. Natsir, Senin (6/5/19) Dinihari.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Tanjab Barat, Otto Riadi SE, mengatakan untuk jumlah peserta festival arakan sahur tahun ini sebanyak 15 peserta yang terdiri dari remaja masjid, organisasi pemuda, Pesantren, sanggar seni, dan sebagainya.

“Tema festival tahun ini yakni, melalui festival arakan sahur ramadhan 1440 H, kita tingkatkan keimanan kepada Allah, Ibadah dan kerukunan beragama di Kabupaten Tanjab Barat," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tanjab Barat, Dr. Ir. H. Safrial, MS dalam sambutannya katakan dalam rangka menyambut bulan suci ramadan seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat kembali mengadakan festival arakan sahur untuk melestarikan kekayaan khazanah budaya masyarakat. “Kita kembali menggelar arakan sahur untuk melestarikan khazanah budaya di Kabupaten tercinta ini dalam bentuk wisata religi. Mari kita pererat tali silahturahmi sesama umat beragama agar terciptanya toleransi di Kabupaten Tanjab Barat ini,” kata Bupati Safrial.

Tampak hadir juga menyaksikan festival arakan sahur yakni, Wabup Tanjab Barat, Sekda Tanjab Barat, Kapolres Tanjab Barat, Kasdim 0419/Tanjab, Kepala PN Kuala Tungkal, Kadis Disparpora Provinsi Jambi, Kepala OPD Tanjab Barat serta tamu dan undangan lainnya.

Untuk diketahui, selain malam pertama di bulan ramadhan, Festival arakan sahur juga akan dilaksanakan pada setiap malam Minggu. Dan untuk tahun ini, festival arakan sahur akan digelar sebanyak empat kali.

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top