Kamis, 21 November 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Dialog Peran Pemuda Menjaga Nilai Pluralisme Dalam Bingkai Kebhinekaan, Danrem Gapu: Ini Kegiatan Strategis

Minggu, 13 Oktober 2019 19:07:04 wib
Foto: Ist

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Pemuda memiliki peranan yang kuat dalam menjaga nilai-nilai pluralisme dalam bingkai Kebhinekaan. Dimana pemuda adalah bonus demografi yang menjadi penguat bagi bangsa Indonesia. 

Hal ini tergambar dalam dialog kebangsaan yang digelar badan koordinasi himpunan mahasiswa Islam Jambi kegiatan yang mengusung tema "Peran Strategis Pemuda Dalam Menjaga Nilai Pluralisme dalam Bingkai Kebhinekaan" yang dilaksanakan Oleh Badko HMI Jambi bertempat di Cafe Hellosapa Kota Jambi, Sabtu (12/10/2019) siang.
 
Dialog kebangsaan tersebut menghadirkan sejumlah narasumber yakni Saudara Bursa zarnubi Ketua Perkumpulan Gerakan Kebangsaan, Edi Purwanto Ketua DPRD Provinsi Jambi, Kolonel Arh Elphis Rudy, Danrem 042 Garuda Putih serta Kombes Pol Edi Faryadi Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi.

Bursa Zarnubi ketua perkumpulan gerakan kebangsaan menegaskan bahwa pemuda memiliki peran strategis dalam menjaga kedaulatan Indonesia, maka diperlukan kerjasama yang baik antara pemuda dalam menjaga persatuan pluralisme dan kebhinekaan. "Untuk memperkuat itu baik-baiklah bermain Medsos. Gunakan secara positif untuk membangun bangsa, serta sikapi dengan bijak segala pemberitaan, dan jangan terpengaruh apalagi ikut menyebarkan berita bohong," tegasnya.

Lalu, Edi Purwanto Ketua DPRD Provinsi Jambi menambahkan pemuda juga sangat berperan dalam memajukan provinsi Jambi maka Ide ataupun gagasan dari pemuda-pemudi Jambi sangatlah diperlukan, dalam hal ini diakuinya DPRD Provinsi Jambi menampung segala aspirasi dari pemuda-pemudi Jambi terutama mahasiswa dalam menyuarakan kepentingan masyarakat. 

"Dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman khususnya era 4.0 maka mahasiswa juga harus meningkatkan kemahiran dan kemampuannya sehingga mahasiswa bisa tumbuh menjadi pemuda yang berinovasi dan kreatif, kita berharap Jambi menjadi berdaulat berkepribadian dan berkebudayaan serta mampu berdikari. Maka disinilah peran pemuda diperlukan," tandasnya.

Sementara itu, Kolonel Arh Elphis Rudy, Danrem 042 Garuda Putih menuturkan bahwa Indonesia tengah menghadapi tantangan yang besar maka disini diperlukan peran mahasiswa untuk menegaskan kembali bahwa Kebhinekaan menjadi hal utama dan prioritas. "Kegiatan ini sangat strategis untuk mengembalikan kebhinekaan kita, kami sangat mengapresiasi kegiatan ini," ucapnya.

Iin Habibi Ketua Umum HMI Jambi menjelaskan kegiatan ini sebagai upaya untuk menanamkan nilai kesatuan dan persatuan, serta diharapkan dapat menjadi pendorong bagi kemajuan Provinsi Jambi khususnya "dan umumnya untuk Indonesia, Kedepan HMI Jambi akan menggiatkan rutinitas dialog baik di bidang pembangunan maupun bidang lainnya," Pungkas Iin Habibi (penremgapu)

KOMENTAR DISQUS :

Top