Jumat, 22 Februari 2019 |
Hukum

Dibalik Unjuk Rasa Ratusan Buruh PT Kedaton, Inilah Ceritanya

Selasa, 12 April 2016 01:31:23 wib
Aksi protes para buruh Perusahaan Perkebunan PT Kedaton

JAMBIDAILY HUKUM-Berunjuk rasa itulah jalan yang ditempuh ratusan buruh PT Kedaton yang bergerak dibidang perkebunan Kelapa Sawit di Desa Durian Luncuk Kecamatan Bhatin XIV Kabupaten Batanghari.

Ratusan buruh yang kesehariannya sebagai tukang panen dan tukang angkut buah sawit itu melakukan mogok kerja serta mendatangi kantor Perkebunan tersebut.

"Kami akan terus melakukan aksi protes selama pihak perusahaan tidak memberikan apa yang menjadi hak para buruh sesuai SK yang telah disepakati dengan pihak perusahaan,"jelas Ketua Kelompok Aksi, Herinanto, kepada sejumlah media, Senin 11 April 2016 ditengah-tengah pengunjuk rasa.

Menurutnya, protes ini juga dilakukan karena selama dua bulan ini, gaji para buruh tersebut dipotong pihak perusahaan.  Dan perusahaan tidak lagi membayar upah sesuai dengan kesepakatan awal dalam SK yang dibayar sesuai Upah Minimal Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Regional (UMR).

"Para buruh menuntut kenaikan upah kerja,"tutur Herinanto menjelaskan penyebab dibalik aksi protes ratusan buruh PT Kedaton tersebut.

Sementara menurut Genaral Manager PT Kedaton, Asnan saat dikonfirmasi jambidaily.com melalui ponselnya, mengatakan, protes para buruh itu merupakan masalah internal perusahaan.

"Para karyawan itu ingin minta penjelesan dari perusahaan. Hanya masalah internal, mereka ingin saya menghadap langsung dengan mereka. Pihak perusahaan akan segera melakukan mediasi dan mencari solusi dengan karyawan agar persoalannya selesai,"singkatnya.

Dari pantauan jambidaily.com, di lokasi aksi protes tersebut berlangsung sejak pukul 09.00 WIB.  Aksi protes para buruh tersebut berjalan aman.(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top