Kamis, 21 November 2019 |
Nasional

Distribusi Elpiji Melon Bakal Pakai Kartu Sakti

Jumat, 08 Mei 2015 07:20:17 wib

JAMBIDAILY NASIONAL-Distribusi elpiji tabung melon 3 kilogram (Kg) menggunakan kartu mulai diseriusi pemerintah. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pekan depan, akan berkoordinasi dengan Kementerian Sosial membahas hal ini.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, Kamis 7 Mei 2015, mengatakan, koordinasi tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah pendistribusian elpiji bisa diintegerasikan ke dalam kartu perlindungan sosial yang telah dikeluarkan.

"Kalau datanya valid, persoalan elpiji tak lagi masalah," ujar Sudirman di kantornya.

Menurutnya, saat ini perbedaan harga yang signifikan antara elpiji 3 kg dengan elpiji non subsidi tabung biru 12 kg membuat distribusi elpiji tidak tepat sasaran. Masyarakat mampu acapkali membeli elpiji tabung melon.

"Kami melihat isu disparitas harga adalah isu yang sangat rumit. Selama harga masih berganda, selalu saja ada yang bocor," tambahnya

Karena itu, solusi paling efektif, kata dia, adalah dengan menggunakan kartu. Sehingga hanya orang miskin yang punya kartu bisa membeli elpiji bersubsidi ini.

"Kalau subsidi jatuh kepada masyarakat langsung bukan pada produk atau barang, disparitas harga bisa dikurangi dan akhirnya solutif," ungkapnya. (Viva.co.id)

KOMENTAR DISQUS :

Top