Senin, 24 Februari 2020 |
Politik

Ditemui Komisi IV DPR-RI, Ini Harapan Zumi Zola

Senin, 21 Maret 2016 16:14:59 wib
Gubernur Jambi, H Zumi Zola bertemu anggota Komisi IV DPRD-RI

JAMBIDAILY POLITIK-Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA, minta Komisi IV DPR-RI membantu program Pemprov Jambi sektor  perkebunan, pertanian, perikanan dan juga kehutanan.

“Dari pertemuan ini, sudah kami paparkan program dan pemerintah Provinsi Jambi.  Jambi memiliki potensi pada sektor perikanan kita memiliki hasil laut yang luar biasa yang juga telah diekspor.  Budidaya ikan air tawar juga kita juga punya, dan butuh dukungan dari DPR RI, karena rakyat saat ini menunggu program dan kebijakan yang pro kepada rakyat,” paparnya, saat bertemu anggota komisi IV DPR-RI, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Ibnu Multazam, Saniatul Lativa, Luther Kombong, Mindo Sianipar dan Ono Surono, diruang kerjanya, Senin 21 Maret 2016.

Untuk sektor kehutanan Gubernur menegaskan komitmen pemerintah Provinsi mencegah dan menindak tegas pelaku dari pembakaran hutan dan lahan.

“Untuk masalah kehutanan salah satu fokus kita adalah bagaimana mencegah kebakaran hutan dan lahan. di Jambi tidak boleh ada pembakaran lahan berapapun luasnya dan oleh siapapun."

"Kita juga sudah dipertegas Kementrian adanya finalti, hukumannya, baik penjara, dan sanksi lainnya, juga kami tambahkan untuk perusahaan yang lalai tidak cepat memadamkan hot spot atau sengaja membakar lahannya kita akan rekomendasikan untuk dicabut ijinnya.  Dan sudah saya sampaikan kepada ibu Menteri dan Pak Luhut, dan arahan mereka sudah tegas sekali dan akan kita dukung,”tegas Gubernur Zola.

Sementara itu, Gubernur Jambi Zumi Zola menjelaskan potensi sektor perikanan baik darat maupun perairan laut di provinsi berjuluk "Sepucuk Jambi Sembilan Lurah" tersebut cukup besar yang memerlukan dukungan berbagai pihak untuk menggarapnya.

"Sektor pangan yang didalamnya masuk perikanan itu menjadi perhatian lebih dari kami untuk masa kerja lima tahun ke depan. Saya berikan perhatian lebih guna mewujudkan kedaulatan pangan yang akhirnya dapat menyejahterakan masyarakat kita," kata gubernur.

Dipihak lain, mantan aktor itu menyatakan kendala yang dihadapi para pembudidaya ikan air tawar di Jambi saat ini adalah pakan yang terlalu mahal dan tidak cocok lagi dengan harga jual ikan.

"Kami akan mengkaji untuk mencarikan solusinya agar pembudidaya tidak rugi, dan bisa terus berproduksi dengan mendapatkan pakan ikan lebih murah."

“Provinsi Jambi memiliki potensi di bidang kelautan dan perikanan yang cukup besar, dimana ikan laut yang sangat bagus sekali, sudah dikirim salah satunya ke Batam, dan program-program kami juga pada perikanan di tambak, salah satunya adalah ada ikan patin, ikan semah yang saya lihat memiliki daya jualnya , tetapi kita harus fokus, untuk itu saya meminta dukungan dari pemerintah pusat, khususnya komisi IV untuk membantu kami,”katanya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Ibnu setelah melakukan kunjungan kerjanya menyatakan bahwa Jambi memiliki potensi yang besar di bidang perkebunan, perikanan, dan juga pertanian.

“Saya melihat potensi yang luar biasa, seperti kemaren ketika ke Mendahara Ulu kita melihat jenis kopi yang ditanam di lahan gambut,ini merupakan potensi, dan saat ini pemerintah memiliki bantuan untuk pengembangan sentra ikan terpadu yang diharapkan dapat digunakan di Provinsi Jambi, dan kita berharap ke depan untuk mensejahterahkan petani kita akan membuat penampungan ikan yang dikelola oleh koperasi” kata Ibnu. (jambidaily.com/HMS/MAR)

KOMENTAR DISQUS :

Top