Senin, 30 Maret 2020 |
Pendidikan & Teknologi

Doa Bulan Rajab dan Artinya yang Lengkap

Kamis, 27 Februari 2020 20:26:30 wib
Doa Bulan Rajab/Foto: Ilustrasi Denny Putra/detikcom

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Bulan Rajab menjadi salah satu bulan yang dimuliakan dalam Al Quran. Untuk mendapatkan keistimewaannya, ada doa bulan Rajab bisa diamalkan.

Bulan Rajab di tahun 2020 jatuh pada hari Selasa tanggal 25 Februari kemarin. Rajab sendiri memiliki arti 'Keagungan' atau 'Mulia'. Dalam Quran surat At Taubah ayat 36, Allah SWT berfirman mengenai bulan-bulan yang diagungkan, salah satunya bulan Rajab.

Arab: اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ada dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangi lah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.

Berikut doa bulan Rajab dan Artinya

Nabi Muhammad SAW diriwayatkan pernah memanjatkan doa bulan Rajab Doa tersebut memiliki arti khusus, yakni agar umur bisa sampai pada bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Arab: أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Latin: Allahumma barik lana fi rajaba wa sya'bana wa balighna Ramadhana.

Artinya: Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Syaban, serta sampaikan lahh (umur) kami hingga bulan Ramadhan.

Doa bulan Rajab tersebut, menurut Ustadz Yusuf Mansyur memiliki derajat hadist dhaif atau ringan. Walaupun begitu, doa bulan Rajab ini bisa diamalkan karena meminta keberkahan dari Allah SWT sepanjang bulan Rajab, Syaban hingga masuk Ramadhan.

"Semoga di bulan itu, Rajab dan Syaban, semoga Allah mendatangkan keberkahan, berupa keberuntungan. Semoga dengan doa ini menujukan akhlak yang luar biasa bahwa kita meminta kepada Allah karena belum tentu sampai ke bulan Ramadhan karena umur dan kesehatan," jelas dia kepada detikcom, Kamis (27/2/2020).Harapannya, doa bulan Rajab tersebut bisa menambah keberuntungan umat Islam yang membacanya. Terlebih menyangkut masalah kesehatan dan umur yang hanya menjadi rahasia Allah SWT.

Selain itu, kata Ustadz Yusuf Mansur ada banyak doa bulan Rajab yang bisa diamalkan. Apapun doanya, selagi meminta keberkahan kepada Allah SWT tentu boleh dilakukan. Semoga kita bisa mengamalan doa bulan Rajab ini ya!

 

(pay/erd)/detik.com

KOMENTAR DISQUS :

Top