Selasa, 25 Februari 2020 |
Wisata & Budaya

DPU Tebo Bangun Turap Dukung Wisata Kuliner

Selasa, 26 Januari 2016 12:35:24 wib
Lokasi Untuk Kawasan Kuliner

JAMBIDAILY WISATA-Mendorong pariwisata Tebo, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tebo melalui bidang pengairan pada 2016 akan membangun turap yang akan dijadikan kawasan wisata kuliner.

"Pembangunan turap ini sedikitnya bakal menelan anggaran sekitar 5 milyar rupiah dari APBD Tebo 2016, untuk teknisnya nanti PU Tebo akan berkordinasi dengan PU Provinsi Jambi,"papar Kepala Badan perencanaan pembangunan Daerah (Bappeda) Tebo, Agus Sunaryo, Senin (25/01) saat dikonfirmasi jambidaily.com.

Pembangunan itu meliputi proyek pembangunan Jaringan Irigasi (JI) dan rehab serta operasi pemeliharaan jaringan irigasi, serta pembangunan turap, pekerjaan tersebut sebagian dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tebo.

Terpisah Kepala DPU Tebo Arif Makruf Dachlan, melalui Kepala Bidang (Kabid) pengairan A.Roni, menuturkan, tahun ini pekerjaan di bidang pengairan hanya kegiatan pekerjaan jaringan irigasi dan rehab irigasi, termasuk operasi pemeliharaan serta pembuatan turap.

"Tahun ini pekerjaan bidang pengairan cuma meliputi JI dan pemeliharaannya serta pembuatan turap,"jelasnya.

Dijelaskannya, pembangunan JI dan operasi pemeliharaan (OP) di anggarakan melalui DAK dan APBD Tebo 2016 ,sementara satu pekerjaan pembuatan turap Sungai Batang Hari di desa Purwodadi kelurahan Tebing Tinggi Kecamatan Tebo Tengah memang skalanya sangat di perioritaskan dengan sumber dana melaui APBD murni.

"Nantinya turap ini bakal jadi tempat atau lokasi wisata kuliner, sesuai usulan dan permintaan Bupati Tebo ,sedangkan tiga turap lagi di kerjakan oleh pihak Sumber Daya Air (SDA) PU Propinsi Jambi,"jelasnya.

Dari tiga lokasi turap, selain di desa Purwodadi tersebut antara lain di desa bedaro rampak dan desa mangun jayo dua lokasi ini berada di kecamatan tebo tengah.

"Untuk desa Tanjung Sari berada di kecamatan Tebo Ilir pengunaan anggarannya melalui usulan APBD tingkat I Provinsi Jambi, namun berapa jumlah atau nilai anggarannya saat ini belum terkonfirmasi,"pungkas Roni. (jambidaily.com/ARD)

KOMENTAR DISQUS :

Top