Rabu, 29 Januari 2020 |
Peristiwa

Dua Ekor Harimau di Hutan Lindung Batang Asai, Hentikan Eksploitasinya,!

Selasa, 01 Agustus 2017 11:29:28 wib
Harimau Sumatera/Photo: ist/net

JAMBIDAILY PERISTIWA-Berdasarkan data yang dimiliki, kawasan hutan di Kabupaten Sarolangun terdapat habitat Harimau Sumatera baik itu yang berada di wilayah Hulu maupun Hilir Sarolangun.

“Baru-baru ini Tim KPHP Limau Unit VII-Hulu mendapat tekanan dari kamera Trap pemantau satwa di kawasan hutan Lindung di Batang Asai, disini terdapat dua ekor Harimau Sumatra, dan hal ini membuktikan bahwa sebagian populasi Harimau Sumatera masih ada di wilayah Kabupaten Sarolangun ini,’’ beber Misriyadi.

Hal itu disampaikan saat memperingati Hari Harimau sedunia (Global Tiger Day) yang di helat setiap tanggal 29 Juli KPHP Limau Unit VII-Hulu menggelar gerak jalan santai bersama Wakil Bupati Sarolangun dan masyarakat setempat.

Kegiatan yang bertajuk Global Tiger Day ini bertujuan untuk berbagi informasi dan perkembangan terhadap keberadaan Harimau, khususnya Harimau Sumatera yang saat ini mengalami ancaman kepunahan dari para orang yang tak bertanggung jawab. 

“Saat ini diperkirakan hanya tinggal 300 sampai dengan 600 ekor Harimau Sumatera di habitat aslinya, dan itu dipastikan mengalami penurunan setiap tahunnya, maka dari itu sekaranglah waktunya menghentikan semua aktivitas mengeksploitasi Harimau Sumatera, stop memburu, stop membunuh Harimau dan yang paling terutama lagi stop perusakan habitatnya di hutan,’’ ungkap Kepala KPHP Limau Unit VII Hulu Misriyadi.

“Jika hewan ini punah maka populasi dibawahnya yakni konsumen tingkat satu (Herbivora) semain banyak dan tidak terkendali yang pada akhirnya akan mempengaruhi kehidupan manusia,’’ katanya.

Untuk itu, ia mengajak msyarakat Sarolangun sadari bahwa manfaat kehadiran Harimau Sumatera adalah untuk menjaga kestabilan rantai makanan bagi kehidupan.

Sumber: sarolangunonline.com
Editor   : Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top