Selasa, 22 Oktober 2019 |

Dukcapil Tanjabtim Siap Bekerja Sama Verifikasi Mata Pilih

Jumat, 10 Juli 2015 02:17:45 wib

JAMBIDAILY MUARASABAK-Untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada Desember 2015 mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tanjabtim siap bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjabtim, untuk melakukan verifikasi mata pilih.

Menurut Kadis Dukcapil Tanjabtim, Sahruddin, data kependudukan yang berhubungan dengan jumlah mata pilih telah disampaikan kepada KPU Tanjabtim. Penyampaian data tersebut kata mantan Camat Sadu ini, dilakukan secara terpusat, yakni disampaikan ke pusat.

“Selanjutnya pusat akan mengirim data tersebut kepada KPU secara online. Jadi, kami tidak mengantarnya kepada KPU,” jelas Sahruddin.

Menyinggung soal pelaksanaan verifikasi data mata pilih, Sahruddin menyebutkan kewenangan KPU. Namun, bila pihaknya diminta, Dukcapil Tanjabtim siap membantu. “Kami siap membantu,” ujarnya kemarin.

Apakah ada peningkatan jumlah mata pilih? Dikatakan Sahruddin, peningkatan jumlah mata pilih dibandingkan pada saat pelaksanaan pemilu legislatif, ada peningkatan. “Tidak banyak,” ulasnya.

Sahruddin menyakini mata pilih ganda akan tipis terjadi pada pemilu Bupati dan Wakil Bupati Tanjabtim nanti. Itu dikarenakan metode pendataan pendudukan yang mengarah kepada mata pilih atau masyarakat yang berfatisifasi pada pemilu cukup baik.

“Diantaranya metode SIAK. Kalaupun terjadi, itu karena human error dan persentasenya akan kecil sekali,” pungkas Sahruddin.(jambidaily.com/FNI)

KOMENTAR DISQUS :

Top