Selasa, 18 Juni 2019 |
Ekonomi

Dukung Produksi Pangan, Koramil Rantau Pandan Tanam Serentak

Sabtu, 04 Mei 2019 14:02:57 wib

JAMBIDAILY BUNGO - Untuk mendukung upaya khusus (UPSUS) meningkatkan Luas Tambah Tanam (LTT) di wilayah Kodim 0416/Bute, Pembangunan Pertanian Tanaman Pangan mempunyai peranan penting dalam rangka mewujudkan stabilitas nasional, sehingga harus dilanjutkan secara berkesinambungan, untuk itu diperlukan kesamaan persepsi, keterpaduan teknologi dan sinkronisasi teknis program atau kegiatan dalam rangka pembangunan pertanian ke arah yang lebih baik antara Kodim 0415/Bute melalui Koramil-Koramil, Pemerintah Daerah, Dinas Pertanian dan seluruh petani maupun masyarakat wilayah Kodim 0416/Bute.

Dalam rangka mendukung produksi tanaman pangan dengan menggunakan aplikasi tanam rice transplanter di wilayah Kodim 0416/Bute dalam hal ini melalui Koramil 416-01/Rantau Pandan dan Dinas Tanaman Pangan Hotikultura dan Perkebunan Kabupaten Bungo melaksanakan tanam padi serentak dengan luas lahan 100 hektar menggunakan Varietas Inpari, bertempat di Desa  Sungai  Telang  Kec. Batin  III  Ulu Kabupaten Bungo, Jum'at (3/5/2019).

Gerakan tanam secara serentak ini di berikan apresiasi yang sangat baik oleh Sekda Bungo H Ridwan Is, karena Jajaran TNI sudah melakukan pendampingan kepada petani di Kabupaten Bungo hingga dapat mencapai hasil yang ditargetkan oleh Pemerintah.

Komandan Kodim 0416/Bute Letkol Inf Wahyu Hadi  Soenaryo, S.Sos. M.M melalui Danramil 416-01/Rantau Pandan Kapten Inf Adrial Nursal saat dikonfirmasi awak penrem, mengatakan bahwa tanam serentak ini sengaja diigelar oleh Dinas TPHBun Kabupaten Bungo. "Hal ini mengingat tak lama lagi memasuki bulan suci Ramadhan, jadi porses tanam harus digenjot terus," ujarnya.

Kehadiran Babinsa Koramil Rantau Pandan turun langsung ke sawah, para petani diharapkan dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah mendasar yang dihadapinya dan senantiasa dapat membantunya dalam melakukan pengawalan pendampingan program Upsus, agar dapat berjalan tepat waktu, tepat sasaran dan tepat guna. "Intinya, kita siap untuk mensukseskan Program Swasembada Pangan, dari segi apapun TNI siap mendampingi semua petani, mulai dari garap sawah, tanam dan panen,” kata Danramil.

Terpisah, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hotikultura dan Perkebunan Kabupaten Bungo Hasbi mengatakan, dirinya sangat berterima kasih kepada Kodim 0416/Bute beserta jajaran Koramilnya yang selama ini selalu proaktif kepada semua kegiatan pertanian.

“Kami sering mendapat laporan dari petugas PPL bahwa, Babinsa jajaran Koramil sering membantu poktan yang ada di Kecamatan Bathin III Ulu. Dengan ini, semua program pertanian di Bungo berjalan lancar,” kata Hasbi. 

Hadir dalam kegiatan Tanam Serentak tersebut, Selain Danramil Kapten Inf Adrial Nursal dan Babinsa Kecamatan Bathin III Ulu, Dusun Sungai Telang, nampak juga Sekda Bungo H Ridwan Is, serta Kepal Dinas Tanaman Pangan, Hotikultura dan Perkebunan Kabupaten Bungo M Hasbi, Camat , para Rio, Petani dan ketua PPK dan PPL se Kematan Bathin III Ulu.(penrem042gapu)

KOMENTAR DISQUS :

Top