Minggu, 17 November 2019 |
Politik

Empat Desa Terancam Tak Dapat Ikut Pilkades Serentak 2016

Jumat, 15 April 2016 11:07:09 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY POLITIK-Ditengah tahapan Pilkades Serentak telah mulai berjalan, empat desa dalam Kabupaten Tanjabbar belum memiliki Calon Kepala Desa (Cakades) dan terancam ikuti Pilkades 2018 mendatang.

Ke-empat desa tersebut, Desa Sungai Keruh dan Desa Tanjung Sinjulang yang masing-masing hanya satu Cakades yang mendaftar. Sedangkan untuk Desa Dataran Kempas dan Desa Sungai Rotan belum sama sekali ada Cakades yang ikut mendaftar.

Persiapan tahapan Pilkades Kabupaten Tanjabbar telah diatur berdasarkan SK Bupati Nomor 140/264/pemdes/2016, yang mengatur empat tahapan Pilkades serentak, Tahap Persiapan, Pencalonan, Pemungutan Suara dan Penetapan Calon Kades terpilih.

Menanggapi itu, Ketua Komisi I DPRD Tanjabbar, Jamal Darmawan, meminta khusus untuk empat desa yang belum melengkapi Cakadesnya agar dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran calon hingga 1 Mei 2016 mendatang.

"Kalau sampai 1 mei tidak ada calon sama sekali, maka jabatan Kepala Desa akan diisi oleh Pejabat Sementara (PJS) hingga Pilkades dua tahun mendatang.  Dan dalam penjaringan calon, salah satu syaratnya Cakades harus memiliki KTP dan berdomisili di Desa setempat minimal satu tahun,"tegas Jamal, Kamis 14 April 2016.

Kabag Pemdes Setda Tanjabbar, Agoes Mamun , berharap, empat desa ini segera mengajukan Cakades demi pembangunan desa itu sendiri.   Apabila nantinya tidak ada calon yang mendaftar tentunya akan merugikan Desa itu sendiri.

"Kenapa saya katakan rugi karena dua tahun kedepan Desa tersebut akan dipimpin oleh PJS kades lagi,"ingatnya.

Untuk itu, Pemkab akan memperpanjang masa pencalonan, dari 12 April hingga 1 Mei 2016 mendatang.

"Sesuai ketentuannya, masing-masing desa memiliki dua hingga lima Cakades,"pungkasnya.(jambidaily.com/RZA)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top