Jumat, 03 April 2020 |
Wisata & Budaya

Fachrori Buka Pameran Hasil Pembangunan Daerah, Gelar Produk Kreatif dan Pasar Rakyat

Senin, 06 Januari 2020 19:25:45 wib

JAMBIDAILY SENI – Gubernur Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar. M.Hum mengajak seluruh pengrajin Provinsi Jambi untuk meningkatkan mutu produk-produk unggulan daerah jambi agar bisa bersaing dengan produk ungulan dari daerah luar.

Ajakan demikian disampaikannya, Saat pembukaan Pameran Hasil Pembangunan Daerah, Gelar Produk Kreatif dan Pasar Rakyat, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jambi ke-63, yang di selenggarakan halaman Depan Kantor Gubernur, Senin (06/01/2020) sore.

Turut hadir pada pembukaan tersebut Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan Republik Indonesia Jerry Sambuaga, Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi Hj. Rahima Fachrori, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Pinto, para Kepala Kantor, Kepala Lembaga instansi vertical di Provinsi Jambi dan para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, para Ketua Dekranasda Kabupaten/ kota se-Provinsi Jambi, Para peserta pameran dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Fachrori menyampaikan, Pemerintah daerah terus berupaya melakukan berbagai terobosan agar hasil produk kreatif masyarakat dapat di terima oleh pasar, melalui pelaksanaan Pameran hasil pembanguanan daerah, gelar produk kreatif serta pasar rakyat merupakan salah satu upaya Pemrov untuk mempromosikan berbagai produk unggulan jambi.

” Mudah-mudahan melalui media promosi seperti ini, dunia usaha, asosiasi-asosiasi profesi yang bergerak di bidang industry dan lembaga-lembaga donor dapat membangun kemitraan yang makin efektif dalam membantu membangun dunia usaha di daerah jambi, termasuk industry kreatif dan kerajinan serta seni budaya dan wisata jambi, dengan berkerja sama kita bisa tingkatkan roda perekonomia masyarakat di provinsi jambi.” Ucap Fachrori.

“Saya sangat menyadari bahwa untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan perdagangan bagi daerah bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, banyak tantangan dan kendala yang dihadapi. Tantangan dan pekerjaan yang dihadap adalah bagai mana di masa terjadinya resesi ekonomi, permintaan dunia terhadap produk daerah tetap terjaga, disislain pemerintah daerah harus memastikan langkah apa yang dilakukan agar pengrajin tetap memiliki peluang pada pasar internasional.” Sambung Fachrori.

Lebih lanjut Fachrori menjelaskan, usaha yang perlu dilakukan agar sektor usaha kreatif bisa tumbuh mencapai sasaran dan yang bisa mencapai potensi, maka kebijakan regulasi harus terus di kembangkan agar betul betul menjadi lebih tepat dan lebih baik.

”Saya berharap ekonomi biaya tinggi dapat dihilangkan secara berlahan dan tatanan biokrasi sedang dan terus mengalami perbaikan, dengan iklim yang makin bagus, terbangunya kebijakan dan regulasi, maka ekonomi kita akan lebih maju mampu dan mandiri.” Harap Fachrori.

Pada kesempatan ini Fachrori berpesan kepada pelaku usaha dan pengrajin kreatif.” Saya ingin berpesan khususnya kepada pelaku usaha ekonomi kreatif provinsi jambi, agar selalu tingkatkan produk yang bisa bersaing, akhir-akhir ini terus kita galakan kontribusinya pada ekspor, mari kita tingkatkan, karena ekonomi kreatif merupakan salah satu pejuang dalam mengurangi angka pengangguran. Selain itu yang tak kalah pentingnya agar perkembangan ekonomi kreatif harus bersenergi dengan perkembangan sektor pariwisata.” Pungkas Fachrori.

Ditempat yang sama Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan Dr. Jerry Sambuaga menyampaikan, sangat mengapresiasi terlaksananya pameran hasil pembangunan daerah, gelar produk kreatif serta pasar rakyat.

”Saya baru pertama kali kejambi sangat mengagumkan jambi, dari loga dan Tema HUT yang saya lihat sangat berkesan yaitu “ Rumah Bagi Keberagaman” sangat luar biasa semoga kebersamaan terus terjaga, bagi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota agar selalu mendapat manfaat yang positif” Ucap Wamen.

“Dari hasil yang kita lihat produk unggulan provinsi jambi, kita akan berkerja sama untuk memajukannya, nantinya sebagai bahan bagi kami untuk menindaklanjutinya,” pungkasnya.

Pembukaan Pameran Hasil Pembangunan Daerah, Gelar Produk Kreatif serta Pasar Rakyat ditandai dengan penguntingan Pita oleh Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj. Rahima Fachrori dilanjutkan peninjauan Stand pameran, usai peninjauan pada sesiwawancara Rahima menyampaikan, ucapan terima kasih atas parti sipasi semua pihak yang telah ikut dalam pelaksanaan pameran ini.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi, terutama kepada Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota 9 Kabupaten dan 2 Kota ikut semua, semoga kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya akan lebih maju lagi dan dapat mensejahterakan masyarakat dengan semua karya yang di hasilkan.” Punkas Rahima

(Sapra Wintani, Photo Novriansyah, Vidio Said Usman/Humas Pemprov Jambi)

KOMENTAR DISQUS :

Top