Kamis, 21 November 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Fachrori Ingatkan Pramuka Manfaatkan Medsos Untuk Hal Konstruktif

Selasa, 03 September 2019 18:58:04 wib

JAMBIDAILY SUNGAI DUREN - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Jambi mengingatkan para kader Gerakan Pramuka Jambi untuk memanfaatkan media sosial (medsos) untuk hal yang konstruktif (membangun), mengingat maraknya generasi muda saat ini menggunakan medsos dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dikemukakan Fachrori saat menjadi Pembina Upacara Lomba Susur Halang Rintang Pramuka (LSHRP) XV se Sumbagsel Tahun 2019, yang berlangsung di Bumi Pekemahan Raudhah At-Thalabah Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (03/09). LSHRP XV Tahun 2019 se Sumbagsel tersebut diikuti oleh peserta pramuka penegak dan pandega yang berlangsung dari tanggal 02 s/d 07 September 2019.
 
“Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, gerakan pramuka dalam melaksanakan tugasnya harus senantiasa melakukan inovasi dan terus berkreasi. Pramuka harus lebih cerdas melalui media digital di era saat ini, manfaatkan medsos untuk menarik minat para generasi muda guna ikut dalam kegiatan Pramuka,” ujar Fachrori.
 
“Kegiatan Pramuka harus bisa memanfaatkan medsos yang nantinya diarahkan pada hal yang bersifat edukatif sesuai dengan falsafah gerakan pramuka, sehingga nantinya gerakan pramuka memiliki daya tarik tersendiri sebagai kegiatan yang menyenangkan bagi para anggotanya,” tambah Fachrori.
 
Fachrori menilai, kegiatan LSHRP ini memiliki makna yang sangat strategis dalam konteks memupuk persatuan dan menguji talenta anggota pramuka guna mewujudkan generasi muda yang tangguh dan mandiri. Pramuka, pada hakikatnya adalah lembaga pendidikan di luar sekolah untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam membina dan mendidik generasi muda.
 
“Sebagai generasi penerus, insan Pramuka memiliki tugas yang cukup berat untuk melestarikan nilai-nilai perjuangan bangsa, terutama dalam memelihara  dan menjaga nilai-nilai nasionalisme. Melalui lomba inilah, anggota Pramuka dapat belajar dan mengerti arti pentingnya kerjasama dan semangat persatuan,” kata Fachrori.
 
Lebih lanjut, Fachrori mengungkapkan, lomba ini memiliki arti sebagai upaya untuk melatih mental, fisik dan kerjasama yang baik sesama anggota Pramuka dan senantiasa mengedepankan kebersamaan, persaudaraan, persatuan, serta menghilangkan perbedaan.
 
“Gerakan Pramuka harus bisa menjadi gerakan pemersatu bangsa dengan menjunjung nilai-nilai persatuan dan kesatuan serta rasa nasionalisme bangsa, karena hal itu menjadi modal utama untuk membangun masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera,” ungkap Fachrori.
 
Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi, H.Sudirman,SH,MH mengapresiasi gugus depan yang berpangkalan di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi yang telah menyelenggarakan lomba ini, karena tidak mudah dalam menyelenggarakan acara ini.
 
“Kita semua mengetahui, untuk melaksanakan acara ini tentu memerlukan persiapan yang matang dalam berbagai aspek, antara lain, sumber daya manusia, anggaran dan sarana pendukung lainnya. Saya merasa bangga, karena UIN telah menyelenggarakan acara ini dan UIN memiliki bumi perkemahan sendiri beserta sarana prasarana yang memadai,” kata Sudirman.
 
Sudirman berpesan kepada seluruh peserta LSHRP ke XV Tahun 2019 untuk tetap menjaga kesehatan dan tidak lupa menjalankan ibadah serta tetap menjunjung tinggi sportivitas dalam melaksanakan perlombaan. “Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk semuany,” tambah Sudirman. (Richi/edit: Mustar, foto: Mulyadi dan Adi Putra, video: Said Usman/Humas Pemprov Jambi).

KOMENTAR DISQUS :

Top