Minggu, 22 September 2019 |
Wisata & Budaya

Fachrori: Pawai Pembangunan Hiburan Rakyat

Senin, 19 Agustus 2019 04:52:56 wib
JAMBIDAILY WISATA - Pemerintah Provinsi Jambi menyelenggarakan Pawai Pembangunan dalam rangka Memeriahkan Hari Ulang Tahun ke 74 Republik Indonesia Tahun 2019, yang berlangsung pada hari Minggu (18/08), dengan rute sebagai berikut: start dari depan SMP Negeri 2 Kota Jambi menuju ke Simpang Bata Pasar, terus menuju Mall WTC, melewati depan Kantor Pos Pusat, selanjutnya melewati panggung kehormatan di depan Rumah Dinas Gubernur Jambi dan selanjutnya finish di depan Pertamina Kasang.

Pawai pembangunan berlangsung dengan lancar dan sangat meriah, terlihat dari antusiasme masyarakat Jambi mengikuti dan menyaksikan pawai pembangunan tersebut dari pagi dimulainya start sampai siang berakhirnya pawai pembangunan tersebut.

Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum beserta Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj.Rahima, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi, Hj.Neta Aryani Dianto menyaksikan dan menyambut para peserta pawai dari panggung kehormatan dengan sangat antusias. Fachrori dan Rahima terus melambaikan tangan dan memberikan senyuman hangat kepada para peserta pawai sebagai wujud dukungan semangat untuk para peserta pawai.

Peserta pawai terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari anak anak sekolah, Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi di Kota Jambi, Perguruan Silat, Drumband dan Marching Band, Komunitas Sepeda Onthel, berbagai Paguyuban dan Kerukunan Warga yang ada di Jambi, sepeda hias, Komunitas Vespa, Komunitas Mobil Jeep Willys, mobil hias dari Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Jambi, serta masih banyak peserta lainnya.

Sebelum menyambut dan menyaksikan pawai pembangunan, Fachrori dan Rahima beserta Sekda dan istri, menyempatkan diri menyapa masyarakat Jambi yang memadati sekitar panggung kehormatan dan membagi bagikan masker kepada masyarakat, mengingat cuaca di Provinsi Jambi mulai diselimuti kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Fachrori mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi mempersembahkan pawai pembangunan ini untuk masyarakat Jambi sebagai hiburan rakyat. "Alhamdulillah, pawai hari ini berlangsung dengan aman dan sangat meriah sekali, terlihat masyarakat Jambi sangat menikmati suguhan berbagai atraksi dari para peserta pawai," kata Fachrori.

Fachrori mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mensukseskan Pawai Pembangunan ini. "Kita sangat antusias dan sangat bergembira sekali dalam menyaksikan pawai ini, pawai ini sudah menjadi tradisi setiap tahunnya dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik indonesia," ujar Fachrori.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si beserta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi melepas para peserta pawai pembangunan, start bertempat di jalan Gatot Subroto, tepatnya di depan SMP Negeri 2 Kota Jambi yang diawali dengan penampilan Drumband dari Akademi Keperawatan (Akper) Garuda Putih Jambi.

"Hari ini kita melaksanakan pawai pembangunan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 74 yang melibatkan seluruh elemen masyarakat. Pawai pembangunan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena pawai pembangunan yang biasanya berakhir di kawasan rumah dinas Sekda Provinsi Jambi atau di depan rumah dinas Kapolda Jambi, akan bergeser sampai di depan Pertamina Kasang," tutur Sekda.

"Kita mengharapkan dengan bergesernya lokasi finish pawai pembangunan ini akan membuat kondisi di dekat podium kehormatan lebih tertib lagi karena tidak membubarkan diri di kawasan rumah dinas Gubernur Jambi, tetapi tetap terus hingga di depan Pertamina Kasang," tambah Sekda.

Sekda mengungkapkan, pada pawai pembangunan tahun ini, Pemerintah Provinsi Jambi juga akan memberikan piala dan piagam penghargaan dari Gubernur Jambi untuk para peserta pawai yang nantinya panitia pawai pembangunan akan menilai para peserta pawai pembangunan. "Harapannya adalah pawai pembangunan ini berjalan lebih tertib lagi, mulai start dari sini hingga Pertamina Kasang tidak ada yang membubarkan diri karena panitia akan menilai para peserta pawai pembangunan guna mendapatkan piala dan piagam penghargaan dari Gubernur Jambi," ungkap Sekda.

Kedatangan Sekda untuk melepas pawai pembangunan ini sedikit menarik, biasanya Sekda datang menggunakan kendaraan dinas dan kali ini, Sekda dibonceng ajudannya dengan menggunakan motor, sehingga masyarakat yang ada disekitar garis start tidak menyadari kedatangan Sekda, begitupun dengan para panitia pawai pembangunan. (Richi, foto: Agus Supriyanto, Mulyadi dan Adi Putra, video: Latib L dan Ardi Susianto, drone: Willy Sanu/Humas Pemprov Jambi)

KOMENTAR DISQUS :

Top