Jumat, 06 Desember 2019 |
Peristiwa

FHUI Kunjungi Mabes Bakamla RI/IDNCG

Kamis, 21 November 2019 12:05:43 wib

JAMBIDAILY JAKARTA - Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) menerima Kunjungan Kuliah Civitas Akademik Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) di Markas Besar Bakamla RI, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2019).

Kunjungan ini merupakan bagian dari program kuliah FHUI, yaitu Hukum Laut. Delegasi FHUI bermaksud untuk menggali informasi lebih lanjut, dan langsung pada sumbernya terkait kinerja Pemerintah Indonesia dalam penegakan hukum di laut. Bakamla RI sebagai Indonesian Coast Guard yang mengemban tugas meliputi maritime safety, maritime security, dan maritime defense, menjadi salah satu instansi yang cukup menarik untuk dikunjungi dan memperoleh informasi lebih lanjut.

Delegasi yang dipimpin oleh Dosen Pengajar Bidang Studi Hukum Internasional FHUI Tanita S.H.,LL.M., membawa serta Dosen Pendamping Metha, S.H., M.H., dan 12 orang mahasiswa/i. Melihat antusiasme akademisi terhadap Bakamla RI/IDNCG tentu saja menambah semangat  Direktur Hukum Bakamla RI Laksma Bakamla Eddy Rate Muis, S.H., M.H. yang menerima delegasi di Ruang Podcast. Laksma Eddy juga didampingi oleh Kepala Unit Penindakan Hukum (UPH) Laksma Bakamla Parimin Warsito, S.H., Kasubdit Harmonisasi Strategi Kamla Kolonel Bakamla Andy K. Wijaya, S.H., M.H., beserta jajaran Staf Direktorat Hukum

Bakamla RI/IDNCG mengapresiasi antusiasme delegasi FHUI dalam menggali informasi terkait penegakan hukum di laut. Sebagai generasi penerus bangsa, bersama-sama kita wujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia yang aman, damai, dan sejahtera.

Kegiatan dilanjutkan dengan penayangan video profil singkat Bakamla RI dan paparan mengenai tugas dan fungsi Bakamla RI/IDNCG yang dibawakan oleh Kasi Peraturan Perundang-undangan Mayor Bakamla M. Azhari, S.H. Dalam kesempatan ini, Mayor Azhari menjelaskan dasar hukum, tugas, dan fungsi serta kondisi atau trend penegakan hukum di laut terkini. Paparannya tidak hanya meliputi perairan dan yurisdiksi Indonesia, namun juga mencakup perairan internasional.

Seusai paparan, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Kantor Pusat Informasi Marabahaya Laut (KPIML) Bakamla RI. Kasi Pemantauan Data dan Jaringan Satelit Letkol Bakamla Tuti Ida Halida, S.T., M.I.T.M. memaparkan secara singkat tugas, fungsi, serta kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh personel KPIML.

Antusiasme dan pertanyaan kritis sering kali terlontar saat kegiatan berlangsung. Diharapkan melalui kegiatan ini, Bakamla RI/IDNCG dapat memberikan kontribusi optimal kepada dunia akademisi terkait peran Pemerintah Indonesia dalam melakukan kegiatan penegakan hukum di laut, khususnya pada masa damai seperti saat ini.

KOMENTAR DISQUS :

Top