Selasa, 12 November 2019 |
Peristiwa

Gubernur Jambi Hadiri Peingatan HUT Kabupaten Tanjabtim Ke-20

Senin, 21 Oktober 2019 19:37:00 wib

JAMBIDAILY MUARA SABAK, Tanjabtim - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum,  menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur Dalam Rangka HUT ke-20 Kabupaten Tanjung Jabung Timur berlangsung di Kantor DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Senin (21/10/19).

Gubernur Jambi mengharapkan pertambahan usia Kabupaten Tanjung Jabung Timur dapat menapak perjalanan masa depan dengan kinerja pembangunan yang mampu mensejahterakan masyarakat dibidang infrastruktur dasar, kesehatan dan kualitas sumber daya manusia,"Mengukur usia dengan efisiensi kinerja pembangunan serta persandingkan pembangunan daerah lain,"ungkap Gubernur Jambi. 

Memahami pembangunan daerah  dengan menyandingkan kemajuan daerah lain secara lebih luas membuka pemahaman diri untuk terus berpacu mengejar kemajuan dan keunggulan daerah yang merupakan hasil kerjasama berbagai pihak berpadu gerak yang baik antara pemerintah dan masyarakat,"Lebih luas memahami tata ruang pembangunan suatu daerah dari berbagai potensi yang dapat dikembangkan," kata Gubernur Jambi. 

Peningkatan Sumber Daya Manusia  menjadi harapan Gubernur Jambi khususnya masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk terus mencetak generasi unggul mampu bersaing serta inovatif,"Mari bersama membangun Tanjung Jabung Timur dengan SDM yang maju disini dapat menjadi kawasan industri guna meningkatkan pendapatan masyarakat juga akan berimbas pada perekonomian Provinsi Jambi," ujar Gubernur Jambi. 

Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Uamr, M. Hum, mengucapkan selamat atas perjalanan pemerintahan Kabupaten Tanjung Jabung Timur ke 20 yang diharapkan terus berupaya mengejar pembangunan menuju arah yang lebih baik,"Selamat ulang tahun teruslah berkiprah dalam pembangunan demi masa depan," ucap Gubernur Jambi. 

Peringatan hari jadi ke 20 Negeri Sepucuk Nipah Serumpun Nibung ini juga dihadiri Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Syamsuddin Said, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Anggota DPR RI Dapil Jambi, serta para tamu dan undangan lainnya. 

Bupati Tanjung Jabung Timur H. Romi Hariyanto menyampaikan tema yang diangkat pada peringatan hari jadi ke-20 Kabupaten Tanjung Jabung Timur adalah “Penguatan Sumber Daya Manusia Berkarakter Menuju Tanjung Jabung Timur Sejahtera".

Tema ini diangkat untuk menggambarkan visi Tanjung Jabung Timur yang terus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang salah satunya melalui penguatan karakter Sumber Daya Manusia,"SDM yang berkarakter adalah individu yang memiliki cara berpikir dan berperilaku yang mencerminkan kemampuan dan kualitasnya yang diperankan dalam kehidupan sehari - hari, peran yang dimainkan tentunya yang harus memiliki dampak terhadap kemajuan pembangunan," ungkap H.Romi Hariyanto. 

Bupati Tanjabtim mengharapkan peran keluarga dan lingkungan mewujudkan SDM yang berkarakter menjadi faktor yang sangat mempengaruhinya,"Menjadikan keluarga sebagai pembelajaran bagi terciptanya lingkungan yang baik," harap Bupati Tanjabtim.
Tanjung Jabung Timur Tahun 2016-2021 dengan Visi “Merakyat yaitu Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat” yang dijabarkan kedalam beberapa Misi sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pembangunan infrastruktur daerah yang berkualitas dan berwawasan lingkungan;
  2. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan dan pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis agribisnis, koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), investasi, industri, kepariwisataan dan pemberdayaan masyarakat nelayan (maritim);
  3. Meningkatkan kualitas sdm melalui peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, pengendalian penduduk dan penerapan IPTEK;
  4. Mewujudkan masyarakat yang agamis, dan berbudaya serta keamanan daerah yang kondusif;
  5. Mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah dan desa yang baik, bersih, transparan dan demokratis.

Bupati Tanjabtim memaparkan upaya meningkatkan pembangunan infrastruktur daerah yang berkualitas  dan berwawasan lingkungan merupakan modal dasar bagi daerah sebagai motor penggerak segala aktivitas pembangunan dan kualitas daya saing daerah dengan 62 persen permukaan wilayah kabupaten ditutupi oleh kawasan hidrologi gambut dan banyaknya sungai-sungai,"Menjadi tantangan tersendiri dalam menyiapkan infrastruktur jalan dan jembatan terutama menyangkut biaya konstruksi yang lebih mahal dibanding bangunan diatas tanah mineral," ungkap H.Romi Hariyanto.

Perkembangan jalan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur terus mengalami  peningkatan, panjang jalan sampai Tahun 2019 sepanjang 1.177,77 Km dengan kondisi baik sebesar 256,036 Km atau 21,739%, kondisi sedang sebesar 553,089 Km atau 46,961%, kondisi rusak ringan sebesar 261,260 Km atau 22,183% dan kondisi rusak berat sebesar 171,575 Km atau 14,568%. Pada tahun 2019 sedang dilaksanakan peningkatan ruas jalan sepanjang 78,69 Km yang tersebar di kecamatan - kecamatan termasuk peningkatan jalan untuk mendukung kerjasama dengan kabupaten tetangga yang termuat dalam Perjanjian Kerjasama Antardaerah,"Jembatan menjadi sangat vital, dan pada Tahun 2019 sedang dilaksanakan pembangunan jembatan sebanyak 10 unit dengan total sepanjang 248,00 meter dengan pembangunan ini secara bertahap peningkatan kualitas jembatan akan semakin baik," ungkap H.Romi Hariyanto. 

Kondisi jalan dan jembatan tersebut, Pemerintah Kabupaten telah meningkatkan persentase keterhubungan desa/kelurahan ke ibukota kecamatan sebesar 61,29%, dengan kondisi baik. Pertanian tanaman pangan merupakan urat nadi perekonomian masyarakat kami, 20% kontribusi perekonomian daerah ini ditopang dari sektor pertanian, Meskipun beberapa jabaran pembangunan jalan dan jembatan, Bupati Tanjabtim masih mengharapkan bantuan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi mengatasi kekurangan dibidang infrastruktur,"Masih banyak jalan provinsi yang rusak berat, jalan Simpang Kiri menuju Plabi sudah 6 tahun belum dibantu, jalan Sabak menuju Rantau Rasau melintasi 4 kecamatan normalnya 15-20 menit dan saat ini 2-2,5 jam termasuk 500 lebih jembatan yang 60 persen masih konstruksi kayu jika dihitung sekitar 6 triliun butuh dana untuk jalan dan jembatan, saat ini kemampuan anggaran Pemkab 200 milyar untuk infrastruktur," ungkap Bupati Tanjabtim. 

Diujung sambutan Bupati Tanjabtim menyampaikan  permohonan maaf kepada masyarakat karena belum mampu mewujudkan seluruh keinginan masyarakat,"Mohon maaf belum mampu memenuhi seluruh keinginan masyarakat dengan semangat yang tinggi terus memberikan yang terbaik bagi bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung," ucap H. Romi Hariyanto.

Ketua DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur Mahruf mengungkapkan rasa syukur memperingati HUT Ke-20 Kabupaten Tanjung Jabung Timur berdasarkan Undang Undang No 54 Tahun 1999 tanggal 4 Oktober 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tebo, Kabupaten Muaro Jambi, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.(Raihan, foto: Agus/Humas Pemprov Jambi) 

KOMENTAR DISQUS :

Top