Rabu, 11 Desember 2019 |
Kesehatan & Olahraga

H Al Haris Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan, Bersih Lingkungan dan Bersih Diri

Selasa, 09 Januari 2018 19:39:51 wib

JAMBIDAILY MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Merangin, untuk selalu menjaga kebersihan. Jangan biarkan lingkungan dan perkarangan rumah menjadi kotor.

Lebih-lebih pada musim hujan saat ini, dimana barang-barang bekas yang diterlantarkan dan menjadi sampah, akan mudah terisi air. Kondisi itu pada akhirnya bisa menjadi tempat berkembang-baiaknya nyamuk.

‘’Hujan yang turun hampir setiap hari membuat udara menjadi lebih sejuk dan nyaman, tapi tanpa kita sadari ada sebuah ancaman dimana nyamuk lebih getol bertelur di musim hujan,’’ujar Bupati.

Hal ini lanjut bupati, karena tempat berkembang biak dan pertumbuhan larva nyamuk, yaitu genangan air, lebih banyak tersedia di musim hujan dari berbagai barang dan sampah yang menumpuk.

Lebih gawat lagi tegas bupati, ada satu jenis nyamuk penyebar wabah penyakit yang jumlah perkembang biakannya semakin bertambah pada musim hujan, yaitu Aedes Aegypti.

‘’Gigitan jenis nyamuk ini merupakan media penularan virus dengue yang menjadi penyebab demam berdarah dengue atau yang sering disingkat DBD. Untuk itu berhati-hatilah dan pastikan lingkungan kita bersih,’’terang Bupati.

Bupati juga minta kepada masyarakat untuk mengganti air dalam kolam ikan atau tampungan air secara berkala. Tujuannya agar tidak memberikan kesempatan kepada nyamuk berkembang biak di tempat tersebut.

Jika seluruh perkarangan rumah sudah bersih dan semua masyarakat sudah terbiasa dengan pola hidup bersih dan sehat, tentu semua penyakit tidak akan berjangkit.

‘’Lingkungan yang bersih, akan membuat diri kita terhindar dari berbagai penyakit. Lingkungan yang bersih juga akan membuat kita menjadi kepribadian yang bersih pula,’’jelas Bupati.(teguh/humas)

KOMENTAR DISQUS :

Top