Kamis, 21 November 2019 |
Advetorial

H Al Haris MoU dengan Kemenkes RI, Nusantara Sehat

Kamis, 12 Mei 2016 11:34:58 wib
Bupati tandatangani MoU Nusantara Sehat

JAMBIDAILY ADVETORIAL-Bupati Merangin H Al Haris didampingi Kepala Dinas Kesehatan Merangin Dr Solahudin  menandatangani Momerandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI).

Penandatanganan nota kesepahanan antara Pemkab Merangin dengan Kemenkes RI tersebut, Rabu 11 Mei 2016 berlangsung sukses di Auditorium Hotel Royal Kuningan Jakarta Pusat.

‘’Saya sangat berterimakasih atas bantuan Program Nusantara Sehat ini, sehingga bisa membantu Pemkab Merangin dalam melakukan pelayanan kesehatan,’’ujar Bupati kepada jajaran Kemenkes RI dan tim Nusantara Sehat.

Kabupaten Merangin lanjut bupati, merupakan daerah terpencil yang sangat membutuhkan layanan kesehatan. Program Nusantara Sehat akan menurunkan satu tim kesehatan ke kawasan Jangkat.

Tim itu terdiri dari lima orang, tenaga gizi, kesehatan lingkungan, analis kesehatan, bidan dan perawat. Kelima orang ini berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

Dua orang medis dari Kalimantan Barat, dua orang medis lagi dari Sumatera Utara dan satu orang medis dari Bengkulu. Tim ini terang bupati, ditunjuk oleh Pemerintah Pusat, termasuk lokasinya.

‘’Jadi tim ini dengan peralatan medisnya, nanti akan bekerja di Puskesmas Jangkat selama dua tahun. Mereka akan maksimal melayani kesehatan masyarakat dan mengabdi untuk masyarakat,’’terang Bupati.

Lebih lanjut dikatakan bupati, ada sebanyak 38 Pukesmas di 27 kabupaten di Indonesia yang mendapatkan Program Nusantara Sehat. Untuk Provinsi Jambi, Merangin menjadi satu-satunya kabupaten yang mendapatkan program tersebut.

Kabupaten Merangin merupakan pelopor dan menjadi pilot projek dari Program Nusantara Sehat untuk Provinsi Jambi pada 2016. Prgram ini juga diharapkan bupati, menjadi motor pengerak tenaga kesehatan di daerah.

Sementara itu, Dr Untung Suseno Sekjen Kemenkes RI menegaskan, dibutuhkan pendekatan semua pihak, untuk mengatasi masalah kesehatan.

‘’Terutama masalah kesehatan di desa-desa terpencil dan daerah perbatasan,’’ujarnya.(jambidaily.com/HMS/TEG)

KOMENTAR DISQUS :

Top