Sabtu, 29 Februari 2020 |
Pendidikan & Teknologi

H Al Haris: Remaja Jangan Malu untuk Belajar

Jumat, 12 Mei 2017 22:18:09 wib
Bupati Merangin H Al Haris memberi arahan dalam Isro' Miraj yang digelar PPTR

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Para remaja jangan malu untuk belajar, guna memperbanyak ilmu pengetahuan, sehingga bisa menguasai banyak ilmu buat bekal menghadapi masa depannya.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris pada acara peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW di Majid Lamo Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Tabir pada Kamis (11/5).

Pada acara yang digelar Persatuan Pemuda Tabir Raya (PPTR) tersebut, bupati minta para remaja setiap malam Minggu melakukan aktivitas di masjid-masjid. Bisa latihan berzanji, kompangan, tahajud dan aktivitas lain didampingi Ustad.

‘’Mari kita hidupkan lagi Remaja Masjid dengan segudang aktivitas Islaminya. Saya juga sudah luncurkan Program Gema Subuh dan Pengajian antara Mangrib dengan Isya, guna memperbanyak ilmu agama anak-anak dan remaja,’’ujar Bupati.

Tujuan dari semua program itu, agar anak-anak dan remaja jangan berkeliaran di jalan pada malam Minggu dan subuh serta menjelang Isya. Dengan kegiatan positif itu, bupati yakin generasi muda Merangin tidak akan terpengaruh Narkoba.

Bupati juga sangat melarang anak-anak dan remaja menghabiskan waktu di Warnet, dengan melakukan aktivitas yang tidak perlu. ‘’Boleh ke Warnet bila ada tugas mencari sesuatu data dari guru,’’terang Bupati.

Pada kesempatan itu bupati sangat memberikan apresiasi atas semangat PPTR dalam mengadakan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. ‘’Pemuda memang harus kreatif, banyak inovasi dan mempertebal iman,’’tegas Bupati.

Bupati juga sangat kagum dengan masyarakat Kelurahan Kampung Baru yang telah merenovasi masjid tertua di Tabir itu, menjadi masjid megah. Sehingga kemegahan masjid itu sekarang, tidak kalah megahnya dengan kemegahan mesjid tua tersebut pada jamannya.

Diakui bupati, di Tabir sangat banyak peninggalan bernilai budaya. Tidak hanya Masjid Lamo, tapi juga ada Rumah Tuo dan yang baru kita temukan di Tabir Ilir terdapat tumpukan baru berupa Candi.

‘’Kita sudah mengirim semple pecahannya batu batanya tidak jauh beda dengan batu bata yang digunakan untuk Candi Muara Jambi. Saya yakin dan percaya ini adalah bagian dari Candi,’’jelas Bupati.

Sangat banyak sejarah peradaban di Tabir Raya yang perlu terus dipelihara lanjut bupati. Sekarang Ketua TP PKK Merangin Hj Hesti Haris sedang membangun dan mengajak menghijaukan perkampungan Rumah Tuo di Tabir.

Selain itu papar bupati, di Tabir banyak terdapat bahan tambang, seperti batu granit dan marmer yang mempunyai potensi sangat besar.

‘’Semua itu, tinggal kita kelola dengan baik. Makanya saya izin memekarkan Tabir Raya menjadi kabupaten baru, agar pembangunanya bisa dipercepa,"pungkasnya.(*)


Laporan     : Teguh (HMS)

KOMENTAR DISQUS :

Top