Minggu, 08 Desember 2019 |
Ekonomi

H Syahirsah "Ancam" Tutup Perusahaan Tak Miliki Izin

Senin, 25 April 2016 20:51:37 wib
Kegiatan Pengumpulan buah sawit

JAMBIDAIY EKONOMI-Sikap tegas akan diambil Pemkab Batanghari terhadap perusahaan yang beroperasi tanpa mengantongi izin operasi.

"Bagi yang belum memiliki izin agar segera mengurus izin.  Sedangkan bagi perusahaan yang belum kantongi izin dan tetap membandel, dan terus beroperasi, pihaknya tak segan-segan untuk menutup perusahaan tersebut,"ancam Bupati Batanghari H Syahirsah kepada sejumlah awak media terkait adanya beberapa perusahaan di Batanghari beroperasi tanpa mengantongi izin operasi.

Salah satu perusahaan yang diduga beroperasi tanpa mengantongi izin operasi, seperti PT Era Sakti Wira Forestama (EWF) yang bergerak dibidang pengumpulan buah sawit yang berada di Desa Pelayangan, Kecamatan Muara Tembesi.

Meski diduga tak mengantongi izin operasi dari Pemkab Batanghari, namun terus beroperasi sejak 2014 hingga saat ini dan persoalan ini mencuat ke permukaan.

Menanggapi itu, Kaban Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPPT), Batanghari, Erwan, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Senin 25 April 2016, mengatakan, sebelumnya memang ada beberapa pihak minta izin atasnama perusahaan tersebut.  Namun pihak yang mengurus izin tidak melengkapi administrasi, hingga izin tersebut tidak dapat diberikan. Sejak itu, hingga saat ini tidak ada yang datang lagi ke BPMPPT.

"Mereka harus ada rekomendasi dari Dinas Perkebunan, Dinas Perindagkop dan MoU dengan pihak perdagangan kelompok tani dan koperasi, jadi kita belum berani keluarkan izin. Karena persyaratannya belum lengkap,"tegas Erwan.

Dari pantauan dilapangan, terlihat perusahaan EWP masih melakukan kegiatannya di Wilayah Kabupaten Batanghari.(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top