Selasa, 25 Februari 2020 |
Wisata & Budaya

H Zumi Zola: TP-PKK Harus Kreatif dan Inovatif

Rabu, 06 April 2016 16:54:10 wib
Gubernur Jambi H Zumi Zola melantik Pengurus TP PKK Provinsi Jambi

JAMBIDAILY BUDAYA-Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli meminta TP-PKK memiki kreatifitas dan inovasi dalam menjalankan program kerjanya kedepan.

"TP-PKK harus kreatif dan inovatif menggali ide-ide cemerlang yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata,"pesan Zola, saat melantik Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hj Sherrin Tharia dan Hj Lovia Trisna Ridham sebagai Wakil Ketua beserta pengurus lainnya, Rabu 06 April 2016, di Auditorium rumah dinas gubernur Jambi.

Dia berharap, pengurus yang baru ini akan menjadi energi tambahan dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

"Kami menunggu program-program dan mendukung Jambi TUNTAS 2021.  Kita butuh dukungan semua pihak.  Dan keberadaaan PKK sangat strategis sekali dimana dapat menjangkau sampai tingkat keluarga dan kader PKK berada sampai ke Kabupaten/Kota/ Kecamatan bahkan sampai ke  desa, tinggal digerakkan. Saya optimis jika TP-PKK ini solid dan bisa mencapai program jambi tuntas,"ujarnya.

TP-PKK memiliki tujuan utama untuk keluarga sejahtera. Pembangunan keluarga sejahtera pada hakikatnya merupakan bagian dari pembangunan sumberdaya manusia dan pembangunan terhadap kependudukan, yang menekankan pentingnya peranan keluarga dalam meningkatkan kualitas manusia, baik sebagai insan maupun sebagai sumberdaya pembangunan.

“Saya yakin dengan 10 program pokok PKK yang ada, dalam pelaksanaannya dapat bersinergi dengan program pemerintah, swasta dan masyarakat. Apabila 10 program pokok PKK ini dapat berjalan di setiap keluarga, maka otomatis akan membantu capaian pembangunan,”paparnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Provinsi Jambi, Hj Sherrin Tharia, menyatakan, TP-PKK sebagai mitra dari pemerintah dalam membangun keluarga sejahtera. Menyangkut kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari yang tidak terlepas dari kiprah ibu-ibu, baik ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi PKK maupun masyarakat pada umumnya.

"Untuk itu, kita perlu berbuat dan memberdayakan perempuan daerah Jambi ini, dengan melibatkan perempuan di semua sektor pembangunan, demi tercapainya kesejahteraan masyarakat,"papar Sherrin.

Kehadiran PKK diharapkan tidak menjadi beban, tetapi sebagai rekan yang dapat bersinergi dan berkontribusi terhadap pembangunan.

"PKK  berperan sebagai partner pemerintah dan bersinergi.  Jika kita bekerja bersama maka setiap program pemerintah bisa lebih enteng untuk dapat diwujudkan, mencapai program Jambi TUNTAS."

TP-PKK fokus kepada PAUD, pendidikan anak, kesehatan terutama kepada ibu hamil yang saat ini angka kematian yang disebabkan karena melahirkan misalnya karena pendarahan masih tinggi, dan  penyuluhan terhadap pemberian ASI kepada bayi.

"Begitupun program penanaman nilai agama di dalam keluarga. Kami nanti akan ada sosialisasi tentang bagaimana orang tua harus peduli terhadap usia golden age anak, menanamkan nilai agama, penggunaan alat komunikasi seperti gadget, yang disatu sisi memberikan kesenangan bagi kita tetapi dapat memberikan dampak negatif bagi anak. PKK ini suatu lembaga non profit kita kerja sukarela, dan ketika kita bekerja jangan lupakan prioritas kita adalah keluarga,"pungkasnya.(jambidaily.com/AFM)

KOMENTAR DISQUS :

Top