Selasa, 15 Oktober 2019 |
Suaro Wargo

Hafifah: Melatih Anak Pemalu Menjadi Berani Berbicara Didepan Umum

Selasa, 29 Mei 2018 12:03:02 wib

JAMBIDAILY SUARO WARGO - Anak kecil kadang ada yang pemalu dan ada juga yang sangat percaya diri. Ini merupakan hal yang mungkin sering Anda lihat dan normal terjadi. Walaupun anak pemalu merupakan hal yang normal, namun Anda sebagai orangtua perlu melatih diri anak agar bisa lebih berani dan keluar dari zona nyamannya. Sehingga, ia akan tampil menjadi anak yang lebih percaya diri dan mudah bergaul dengan teman. Tentu, hal ini dapat membantu mengembangkan dirinya.

Apa yang membuat anak pemalu?
Rasa malu memang biasa terjadi. Sebesar 20-48% orang memiliki kepribadian pemalu, mungkin termasuk Anda. Kebanyakan anak pemalu memang sudah lahir seperti itu, namun beberapa pengalaman yang pernah diterima anak juga bisa menyebabkan anak menjadi pemalu. Sebuah kejadian mungkin pernah memicu anak Anda menjadi pemalu. Sehingga, anak Anda mungkin perlu bantuan untuk menghilangkan rasa malunya tersebut.

Lalu bagaimana melatih agar anak tampil percaya diri di depan umum? Berikut 10 tipsnya!

1. Tumbuhkan rasa percaya dirinya
Fokuslah pada kelebihan anak, bukan pada kekurangannya. Yakinkan anak bahwa ia bisa tampil baik di depan umum. Jika ia ingin tampil di panggung pertunjukan, pastikan penampilannya sudah baik. Jangan lupa berikan kata-kata penyemangat. Misalnya, "kamu pasti bisa, kamu hebat"

2. Menguasai materi
Ketika anak ingin tampil, misalnya ingin menyanyi di acara pentas seni, pastikan ia telah berlatih maksimal. Sehingga suaranya terjaga. Jangan lupa, jaga asupan makanannya agar kondisinya prima saat ingin tampil. Begitu juga jika anak ingin tampil menari, sebaiknya ia telah berlatih dengan cukup baik sehingga siap tampil pada waktu yang telah ditentukan.

3. Jangan memberi penilaian negatif atas kesalahannya
Jika anak membuat kesalahan, jangan menyudutkannya dengan kata-kata negatif. Tetapi berikan koreksi dan support yang positif. Perbaiki kesalahannya dengan cara menuntun dan tunjukkan bagaimana seharusnya.

Jika Anda selalu menyalahkan, hanya akan membuat nyalinya ciut dan tak percaya diri. Lebih baik rangkul dia dan bimbing dengan kasih sayang agar dia bisa tampil lebih baik lagi.

4. Jangan tegang
Saat anak ingin tampil, wajar jika anak merasa nervous, tegang dan gelisah. Untuk mengatasi ketegangannya, coba ajak dia bercanda. Selipkan kata-kata humor yang membuatnya tertawa rileks sejenak.
Lelucon biasanya akan mencairkan suasana. Hati anak menjadi gembira dan tidak canggung. Ini juga efektif menghilangkan kekhawatiran anak.

5. Selalu menyemangati
Dukung dan selalu support anak tehadap apa yang akan dia lakukan. Yakinkan pada dirinya jika penampilannya nanti bagus karena telah berlatih. Dan katakan bahwa Anda bangga padanya.

6. Latihlah anak untuk bebas berekspresi
Ajarkan anak untuk mengekspresikan kemampuannya.  Jangan melarang anak saat ia ingin berbicara atau bergerak. Jangan takut anak berbuat kesalahan. Karena sebuah keberhasilan tak luput dari berbagai kesalahan di awalnya. Berikan semangat dengan mengatakan lebih baik salah dari pada tidak mau mencoba. Yang penting anak mau mencoba untuk lebih baik lagi.

7. Jaga kesehatannya
Meski anak sibuk berlatih untuk tampil maksimal, jangan abaikan kesehatannya ya moms. Jangan sampai terlewat jam makannya, beristirahat ketika anak lelah. Intinya latihan itu positif tapi jangan diforsir. Ingat, meskipun aktif, anak-anak juga perlu beristirahat untuk mengembalikan energinya. Karena bagaimana anak bisa tampil prima jika merasa kelelahan dan tidak fit?

8. Ajarkan anak untuk tersenyum
Seulas senyuman akan membuat seseorang semakin menarik. So, ajarkan anak untuk selalu tersenyum ya moms, apalagi saat tampil di depan umum. Jangan pasang wajah cemberut atau merengut. Ini mempengaruhi penilaian loh. Karena wajah yang kaku tanpa senyum, hanya akan membuat aura negatif. Sebaliknya, senyum dapat mencairkan ketegangan, menambah percaya diri dan membuat orang bahagia. So, teach your kids for always smile!

9. Usahakan agar anak datang lebih awal
Usahakan agar anak datang lebih awal ketika dia akan tampil. Hal ini penting agar anak beradaptasi dengan suasana di lingkungan panggung. Jangan datang mepet waktu, karena hanya akan membuat anak grogi dan tergesa-gesa. Datang di awal waktu, akan membuat anak lebih rileks dan bisa mempelajari situasi. Jangan lupa, dampingi anak sampai selesai tampil, agar anak lebih percaya diri.

10. Hargai prestasi anak
Hargai apapun yang telah anak lakukan, sekecil apapun itu. Tak perlu kecewa jika anak tidak mendapat juara. Karena keberaniannya tampil di muka umum sudah merupakan prestasi tersendiri. Maka pujilah penampilannya, berikan selalu semangat dan berikan ciuman dan pelukan hangat untuknya.

Inilah tips agar anak mau berbicara di depan umum, semoga bermanfaat, terima kasih. 


...
Ditulis Oleh
Nama: Hafifah Arfianti
Universitas Islam Negeri STS Jambi
Program Studi: Tadris Matematika
Semester: 2

 

 

 

 

*isi/sumber/referensi dari Artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis

KOMENTAR DISQUS :

Top