Rabu, 23 Oktober 2019 |
Wisata & Budaya

Halmahera, Pulau Terbesar di Maluku

Jumat, 28 Juli 2017 09:31:45 wib
Halmahera/Photo: id.wikipedia.org

JAMBIDAILY WISATA-Pulau Halmahera adalah pulau terbesar di Maluku. Bentuk pulaunya mirip huruf K seperti miniatur Sulawesi.

Dengan pantai berpasir putih, hutan yang masih alami dan Gunung Mamuya yang spektakuler adalah tawaran menakjubkan di tempat indah ini. Pulau Halmahera memiliki pegunungan dan pulau-pulau yang masih ditutup hutan.

Pulau besar ini mencakup area lebih dari 17.000 km2, dan masih jarang penduduknya. Pulau ini merupakan pusat dari suatu wilayah lebih besar, yang disebut Moro, meliputi pulau dan garis pantai Halmahera, dan yang paling dekat dengan Morotai di bagian utara.

Pulau Halmahera sendiri dibagi menjadi 5 kabupaten, yaitu: Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Utara, dan Kabupaten Halmahera Tengah.

Sejak abad ke-15, sebagian besar wilayah Halmahera berada di bawah kekuasaan Kesultanan Ternate. Pertengahan abad ke-16, pulau ini merupakan tempat misi Jesuit Portugis yang paling terkenal yaitu St. Francis Xavier (dikenal sebagai St Franciscus Xaverius).

Negara-negara Muslim Ternate dan Halmahera menolaknya kemudian berhasil mengusir para misionaris dari pulau ini pada 1571. Meski demikian, pengaruhnya Kristen masih terlihat sampai sekarang, setengah populasinya adalah Muslim dan separuhnya Kristen.

Halmahera memiliki peran penting selama Perang Dunia II. Di sinilah Amerika dan Sekutu menguasai Filipina dan Kepulauan Pasifik Selatan. Jenderal Amerika McArthur sempat tinggal di sebuah pulau dekat Daruba dan merencanakan serangan udara terhadap Jepang.

The Amerika Daruba Airlfield memiliki tujuh landasan pacu dan masih terlihat sampai saat ini. Sejumlah besar bahan peledak, amunisi dan senjata masih ditemukan di perairan dangkal pulau ini.

usat menyelam di Pulau Kakara, jika berencana untuk menyelam, waktu terbaik untuk berkunjung pada bulan Mei hingga Oktober. Untuk berselancar, waktu terbaik adalah bulan November dan Desember, ketika gelombang berada pada titik tertinggi. Jika memutuskan untuk tinggal di dengan penduduk setempat, pastikan untuk membawa pemandu.Bawa obat anti nyamuk.

Bemo (becak bermotor/becak), mikrolet (minibus biru), bentor (kendaraan bermotor), ojek, dan becak merupakan transportasi darat umum di Pulau Halmahera. Anda dapat pula memilih penyewaan kendaraan yang dapat dibantu dari tempat penginapan.(*)

Sumber: bisnis.com/ft:id.wikipedia.org

KOMENTAR DISQUS :

Top