Minggu, 18 Agustus 2019 |
Wisata & Budaya

Hari Pertama Temu Teater Se-Sumatera Penonton 'Membludak'

Sabtu, 03 Agustus 2019 00:25:28 wib
Teater AiR, Jambi/Foto: Hendry Noesae/jambidaily.com

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Hari pertama (Jum'at, 02/08/2019) Temu Teater Se-Sumatera di Gedung Teater Arena, Taman Budaya Jambi (TBJ) di Jalan Sei Arbai I Sungai Kambang Kota Jambi, hadirkan tiga materi pergelaran Teater, 'Membludak' atau penuh sesak dipadati penonton.

Pergelaran pertama tampil yaitu Pukul: 16.00 Wib, Teater Satu asal Provinsi Lampung, berjudul "Jalan yang Tak di Tempuh" sutradara Iswadi Pratama. Lalu Pukul: 19.30 Wib, Teater AiR asal provinsi Jambi, berjudul "Sebutir Kepala dan Seekor Kucing" sutradara EM Yogiswara dan terakhir Pukul: 20.45 Wib, Teater Senyawa asal provinsi Bengkulu, berjudul "Pelukis dan Wanita" Sutradara Adhyra Pratama Irianto.

Masing-masing komunitas berhasil memberikan tontonan menarik dan membius seisi Gedung Teater Arena dengan kepiawaan akting yang mumpuni di panggung. Sehingga penonton tampak enggan meninggalkan ruang pertunjukan sebelum usai.

Disela-sela jeda persiapan panggung pergelaran, Didin Sirojudin,S.Sn Kepala Taman Budaya Jambi dihadapan penonton menyampaikan bahwa Temu Teater akan berlanjut dan diharapkan dapat terus berlangsung setiap tahunnya.

"Hadir 7 Provinsi di Sumatera ditambah 2 Komunitas asal provinsi Jambi yang akan berlangsung sampai tanggal 4 Agustus 2019, kita berharap ini akan kembali berulang setiap tahunnya," Ujar Didin.

Lalu untuk pelaksanaan berikutnya TBJ akan melakukan proses regenerasi melalui lomba yaitu Festival Teater Remaja, yang nantinya pemenang turut tampil pada Temu Teater Se-Sumatera.

"Pada bulan Oktober 2019, nanti kami merencanakan ada Festival Teater Remaja. Jadi di tahun berikutnya Festival Teater Remaja lebih dulu dari Temu Teater Se-Sumatera, sehingga yang terbaik di ajang festival tersebut kita tampilkan di Temu Teater," Tutur Didin.

Selain itu, Didin juga menyampaikan bahwa selain Temu Teater Se-Sumatera, sedang berlangsung Pameran Seni Rupa, PALEMJAMBE.

"di Gedung sebelah kita ada pameran Seni Rupa PALEMJAMBE, besok (Sabtu, 03/04/2019) akan ada lomba Mural lalu juga Workshop Karikatur, sebelumnya ada Workshop Musik dan Tari," Tutup Didin.

Berikut Beberapa Foto Pergelaran:

Teater Senyawa asal provinsi Bengkulu

Teater AiR asal provinsi Jambi

Teater Satu asal Provinsi Lampung

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top